Tinjau Kepulangan PMI, BPJamsostek Ingin Semua Pahlawan Devisa Terlindungi

Kamis, 20 Mei 2021 - 13:09 WIB
PMI yang dikarantina terpusat di Wisma Atlet Pademangan akan dipastikan sehat sebelum kembali ke daerahnya. Apabila ada yang ditemukan positif Covid-19 maka akan dirujuk dan ditangani secara khusus. Dan untuk PMI dengan hasil tes negatif tetap harus menjalani protokol kesehatan sesuai ketentuan.

Fasilitas yang diberikan selama karantina antara lain kamar ruangan dengan standar hotel bintang tiga, makan tiga kali sehari, pemeriksaan kesehatan di klinik dan penanganan khusus bagi PMI yang memiliki penyakit khusus. Seluruh fasilitas diberikan tanpa dikenakan biaya apa pun.

Menurut data BPJamsostek, secara nasional jumlah PMI yang aktif terdaftar adalah sebanyak 335.542 orang, terhitung sampai dengan 30 April 2021, sedangkan untuk jumlah pengajuan klaim PMI hingga 30 April 2021 adalah sebanyak 682 kasus, dengan total nominal mencapai Rp23 miliar.

Menutup kunjungan bersama tersebut Zainudin berharap, kolaborasi yang baik ini dapat terus berlanjut sehingga seluruh PMI dapat merasakan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Ini bagian dari pelayanan kami kepada peserta, semuanya merupakan wujud negara hadir memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, tugas kami sebagai institusi yang diberi mandat mewakili negara untuk melindungi semua pekerja, termasuk pekerja migran," tutunya. CM
(ars)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More