Corona Mengancam Finansial Keluarga, Begini Cara Mengaturnya

Selasa, 06 Juli 2021 - 11:39 WIB
Ilustrasi. FOTO/Yorri Farli
JAKARTA - Perencanaan keuangan di tengah pandemi perlu diperhatikan kembali. Tujuannya, agar keuangan keluarga bisa cukup untuk kesehatan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apabila seseorang tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik, dikhawatirkan akan merasa lebih sulit jika terjadi permasalahan dakan seperti sakit dan lainnya. Sehingga dapat mengancam finansial keluarga.



Terlebih di situasi pandemi saat ini, mau tidak mau seseorang harus bisa mengatur keuangan dengan bijak. Hal ini dilakukan agar kebutuhan sehari-hari dapat terpenuhi dengan baik. Berikut tips perencanaan keuangan yang bisa dilakukan di tengah pandemi;

1. Evaluasi Kondisi Keuangan Saat Ini

Anda dapat melakukan kajian atau analisis dengan memperhatikan kondisi saat ini. Adapun kondisi yang dimaksud, yaitu status perkawinan, jumlah anggota keluarga, kondisi pekerjaan, usia, kondisi kesehatan, dan lain sebagainya.



2. Menyusun Tujuan Keuangan

Tujuan keuangan terbagi menjadi dua berdasarkan jangka waktu, yakni tujuan keuangan jangka pendek dan tujuan keuangan jangka panjang. Sebagai informasi, tujuan keuangan jangka pendek adalah tujuan keuangan yang ingin dicapai dalam waktu beberapa bulan atau tahun. Sementara, tujuan keuangan jangka panjang adalah tujuan keuangan yang ingin dicapai dalam waktu 10 tahun atau beberapa dekade.

3. Mencatat Seluruh Pengeluaran dan Pendapatan Bulanan

Langkah ini bermanfaat untuk mengetahui seberapa sehat kondisi keuangan seseorang. Selain itu, mencatat seluruh pengeluaran dan pendapatan bisa membantu seseorang dalam membuat laporan keuangan bulanan dengan lebih mudah.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More