Menggila! Harga Bitcoin Capai Rekor Rp966 Juta di Perdagangan Asia

Selasa, 09 November 2021 - 16:18 WIB
Harga mata uang kripto bitcoin menyentuh rekor tertinggi di perdagangan Asia Senin (8/11) lalu mencapai Rp966 juta. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Dua mata uang kripto, bitcoin dan ether mencetak rekor tertingginya dalam perdagangan Asia pada Senin (8/11) petang didorong antusiasme pasar untuk mengadopsi mata uang kripto dan kekhawatiran tentang inflasi.

Harga bitcoin naik hingga USD68.564 atau setara Rp966 juta (kurs Rp14.100 per USD). Sementara ether, cryptocurrency terbesar kedua berdasarkan nilai pasar, harganya mencapai USD4.825 atau setara Rp67,5 juta. Keduanya tercatat telah meningkat lebih dari dua kali lipat sejak Juni.



"Kami merasa bahwa pasar telah bergeser," kata Chief Operating Officer Aset Crypto Stack Funds, Matthew Dibb, dilansir dari Reuters, Selasa (9/11/2021).

"Orang-orang sekarang mengetahui bahwa tidak memiliki eksposur, bahkan dalam jumlah kecil, mungkin bukan hal yang baik untuk bergerak maju, jadi mereka harus mengalokasikan pada harga ini," katanya.



Berdasarkan data dari manajer aset digital CoinShares, arus masuk ke produk dan dana bitcoin telah mencapai rekor USD6,4 miliar sepanjang tahun ini, dan mencapai USD95 juta di minggu lalu.

Di sisi lain, ada katalis positif lainnya yang telah membantu, termasuk rencana Grayscale, pengelola mata uang digital terbesar di dunia, untuk mengubah kepercayaan bitcoin andalannya (GBTC.PK) menjadi dana yang diperdagangkan di bursa spot-bitcoin. Pekan lalu Grayscale juga mengajukan daftar dana "masa depan keuangan" yang akan melacak perusahaan yang terlibat dalam pertumbuhan ekonomi digital.



"Crypto adalah tempat uang cepat berada," kata Chris Weston, kepala penelitian di pialang Pepperstone. "(Ether) sedang tren seperti mimpi dan saya akan lama dan kuat di sini," tambahnya. "Klien net long, dengan 79% posisi terbuka bertahan lama, dan saya bisa merasakan pesta USD5.000 bisa segera dimulai."

Di sisi lain, dia menyarankan agar investor tetap berhati-hati jika berinvestasi bitcoin dalam jangka pendek, karena biaya pendanaan posisi panjang telah naik lebih tinggi dalam beberapa hari terakhir, menurut platform perdagangan BitMEX. Hal itu terkadang merupakan indikasi pendahulu terjadinya kemunduran.

Namun, pergerakan sejauh ini telah membawa uang kripto ini lebih dari 1.680% lebih tinggi dari posisi terendah Maret 2020 dan membantu mengangkat total kapitalisasi pasar mata uang kripto di atas USD3 triliun, menurut harga crypto dan agregator data CoinGecko. Sementara CoinMarketCap menempatkannya sedikit lebih rendah pada USD2,94 triliun.
(fai)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More