Wow, Ekonomi Digital Indonesia Diramal Tumbuh Jadi Rp4.531 Triliun

Sabtu, 20 November 2021 - 13:31 WIB
Dia menjelaskan, pada 2020, ekonomi digital Indonesia tercatat sebesar USD44 miliar akan tumbuh delapan kali lipat menjadi USD323,6 miliar pada 2030. Artinya, akan tumbuh enam kali lebih besar dibanding Malaysia, tujuh kali lebih besar dibanding Filipina, sembilan kali lebih besar dibanding Singapura, dan empat kali lebih besar dari Vietnam.

"Jika indeks per kapita naik dari USD162,8 per kapita menjadi sama dengan Malaysia sebesar USD1.403,1 per kapita, maka ekonomi digital Indonesia tumbuh menjadi USD417 miliar. Ini merupakan salah satu yang paling besar," tuturnya.

Tren ke depan di antaranya 5G, Internet of Things (IoT), blockchain, kecerdasan buatan, dan cloud computing akan mengubah dan mempengaruhi hidup masyarakat Indonesia.

"Kelima teknologi tersebut akan menembus batas ruang dan waktu. Teknologi pertanian (agritech), teknologi keuangan (fintech), teknologi Pendidikan (edutech), dan teknologi kesehatan (healthtech) akan berubah selamanya dan ini harus diantisipasi pelaku ekonomi baru di masa yang akan datang," tandasnya.
(akr)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More