Butuh Modal untuk Bisnis Laundry? MotionBanking x Kredit Pintar Punya Solusinya, Ini Caranya!

Sabtu, 05 Maret 2022 - 16:17 WIB


3. Merencanakan pemilihan lokasi yang tepat

Telah disampaikan dalam paragraf sebelumnya bahwa laundry adalah jasa yang kerap diminati mahasiswa dan karyawan. Dengan anggapan tersebut, bisa disimpulkan bahwa daerah kos maupun pemukiman mahasiswa atau karyawan bisa menjadi pilihan lokasi yang baik untuk menjalankan usaha laundry. Selain itu, pastikan juga bahwa lokasi laundry juga strategis agar mudah dijangkau dan semakin diminati oleh konsumen.

4. Mengawasi kompetitor

Karena jasa laundry bukanlah bidang usaha yang baru, wajar jika sudah banyak pesaing yang lebih dulu terjun ke usaha ini. Hal ini akan cukup menguntungkan Anda untuk menyusun strategi agar bisa menyaingi kompetitor yang ada. Amati layanan dan produk yang disediakan oleh kompetitor sebagai salah satu strategi untuk mendapatkan pelanggan setia di laundry Anda.

5. Menetapkan daftar harga

Harga yang kompetitif adalah salah satu faktor pelanggan setia menggunakan jasa laundry. Untuk menetapkan daftar harga, hitung biaya operasional dan perlengkapan yang dikeluarkan untuk berbagai jasa yang tersedia, misal, cuci kering, cuci dan setrika, cuci dry cleaning, cuci kilat, dan lain-lain. Selain itu, bandingkan juga dengan berbagai kompetitor yang ada di sekitar lokasi usaha laundry.

6. Membuat rangkaian SOP untuk menjaga kualitas dan pelayanan

Standard Operating Procedure (SOP) adalah sebuah cara untuk menjaga kualitas dan pelayanan dalam jasa laundry. SOP berisi berbagai tata cara untuk memberikan hasil terbaik bagi konsumen yang menggunakan jasa Anda. Karena ini adalah jasa laundry, Anda bisa membuat SOP yang memuat tentang lamanya pengerjaan cuci, suhu ideal untuk menyetrika bahan tertentu, kebijakan jika pakaian hilang/rusak, dan sebagainya.

Peralatan usaha untuk memulai bisnis laundry
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More