Le Minerale Berkomitmen Perluas Jangkauan Pengelolaan dan Edukasi Sampah PET

Selasa, 08 Maret 2022 - 10:09 WIB
Misi Pengumpulan GESN

Le Minerale bersinergi terhadap upaya pemerintah dan lingkungan dalam hal pengelolaan sampah plastik. Kerjasama dengan berbagai pihak diharapkan semakin luas dan bermanfaat. Sebagai langkah dasar, GESN bekerja-sama dengan KLHK merancang Panduan Nasional Standarisasi Operasional untuk pendataan, peningkatan profesionalisme dan kapabilitas pelaku usaha secara holistik.

Kolaborasi dengan pelaku industri daur ulang plastik tradisional dengan memberikan bantuan yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, misalnya jika selama ini proses pemilahan dilakukan secara manual maka diberikan bantuan berupa mesin konveyor agar lebih efisien dan efektif.

Ada pula bantuan berupa mesin press dengan kapasitas besar dan teknologi yang lebih canggih, serta bentuk bantuan lainnya berupa modal bergulir. Untuk memastikan program GESN berjalan dengan baik di mitra pengepul dan Bank Sampah Induk, Le Minerale membentuk tim lapangan GESN yang berfungsi untuk memberikan edukasi, pendampingan, dan bimbingan.

Sementara itu, Le Minerale bersama ADUPI dan IPI menggalang kerjasama pelaku industri daur ulang plastik untuk mengumpulkan sampah plastik PET pasca konsumsi dengan total area pengumpulan di 158 titik area Jabotabek, bekerja sama dengan pengepul tradisional, Bank Sampah Induk maupun bank sampah unit.

Diperkirakan sepanjang tahun lalu GESN berhasil memproses 4.119 ton plastik PET. Le Minerale juga telah menyebarkan dropbox sampah plastik di lebih dari 100 titik di Jabodetabek untuk meningkatkan kesadaran dan manfaat ekonomi sirkular.

Menurut Ketua Umum ADUPI, Christine Halim, Program GESN di rancang untuk menjawab kekurangan atau hambatan pertumbuhan dalam sistem kerja pengepul dan kegiatan daur ulang limbah plastik.

“Beberapa jenis plastik memiliki nilai ekonomi yang tinggi, salah satunya adalah plastik jenis PET yang memiliki demand yang tinggi di industri daur ulang. Penggunaan bahan ini sejalan dengan visi KLHK mengenai peta penanganan sampah melalui daur ulang dan pemanfaatan kembali dengan prinsip sirkular ekonomi," katanya.

Sebagai bentuk apresiasi Le Minerale terhadap peranan penting pemulung dalam mata rantai ekonomi sirkular, maka Le Minerale juga ikut berkontribusi dalam mensejahterakan keluarga pemulung, seperti pemberian beasiswa pendidikan untuk anak pemulung, membentuk koperasi pemulung dan juga pemberian bantuan berupa mesin press untuk mendukung pengumpulan limbah plastik menjadi lebih baik, melalui kerja sama dengan Ikatan Pemulung Indonesia (IPI).

Riset terbaru Sustainable Waste Indonesia (SWI) mengungkapkan bahwa skema ekonomi sirkular cukup efektif. Sepanjang Maret-Agustus 2021 tingkat daur ulang botol PET sebesar 74%, galon PET 93%, dan gelas PP 81%. Hal ini menunjukkan bahwa kebutuhan terhadap material PET masih sangat tinggi karena inovasi produk berbasis PET juga terus berkembang.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More