Hotel Penuh Sambut GTRA di Wakatobi, Sandiaga Uno Optimistis Ekonomi Bangkit dan Buka Lapangan Kerja

Kamis, 09 Juni 2022 - 07:08 WIB


Menparekraf bahkan melihat salah satu indikator kebangkitan sektor pariwisata pasca pandemi Covid-19 mereda yakni hunian di hotel, khususnya di akhir pekan dan long weekend cenderung sudah terisi penuh.

"Tadi saya bicara dengan Bupati semua hotel di sini penuh, sehingga saya tidak dapat tempat di sini, jadi homestay juga penuh, Desa Wisata Lia Togo juga penuh, jadi ini membawa suatu optimisme kebangkitan ekonomi kita," tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil menjelaskan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) adalah tim yang dibentuk Presiden untuk menyelesaikan masalah-masalah terkait reforma agraria.

"Ketuanya Menko Perekonomian, Wakil Ketua Menteri ATR dan Menteri KLHK. Tapi, ini menyangkut berbagai Kementerian dan pemerintah daerah," kata Sofyan Djalil.

Dia menyebutkan tujuan dari GTRA adalah bagaimana mempercepat reforma agraria. Pasalnya, selama ini pemerintah mendapatkan banyak kendala.

"Terutama, karena tumpang tindih atau irisan kewenangan antara Kementerian ATR dengan Kementerian Kehutanan antara Kementerian ATR dengan KKP, peta-peta belum menjadi peta yang satu sehingga ini menjadi kendala dalam kita mensertifikasi tanah masyarakat," jelas dia.

Sofyan mengungkapkan apabila program GTRA berjalan dengan baik, maka secara tidak langsung dapat membangkitkan ekonomi masyarakat, khususnya di daerah terpencil.

"Seperti yang disampaikan Pak Sandi, begitu kita sertifikatkan, maka kesempatan masyarakat terbuka untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan formal," jelas dia.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More