Momen Sandiaga Uno Tarik Gerobak Bawa Mesin Kapal Bantu Perajin Atap Rumbia

Kamis, 16 Juni 2022 - 20:23 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno membawa gerobak berisikan mesin kapal membantu perajin atap rumbia di Halmahera Barat. FOTO/Ist
MALUT - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno membawa gerobak, berisikan mesin kapal membantu seorang pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bernama Lala (50), seorang pengrajin atap rumbia. Hal tersebut dilakukan Sandiaga saat mendatangi Desa Wisata Pantai Lapasi di Lako Akelamo, Sahu, Halmahera Barat, Maluku Utara.

Lala dan suaminya menyusuri hutan menggunakan kapal mencari daun rumbia yang berduri. Namun, Lala dan suami kerap kesulitan lantaran mesin kapal yang dimilikinya kecil.

"Ada toko nggak terlalu jauh dari sini, ada mesin nih. Mesin perahu yang lebih besar mudah-mudahan bisa digunakan melaut untuk mendapatkan daun rumbia ini," ujar Sandiaga di kediaman Lala Halmahera Barat, Maluku Utara, Kamis (16/6/2022).





Ibu Lala sontak menangis dan memeluk erat Sandiaga. "Mudah-mudahan bisa membantu. Nanti tahun depan saya datang lagi saya mau lihat usahanya lebih maju. Karena katanya dari Ternate semua pesannya di sini. Semua dari Tidore juga," ucap Sandiaga.

Kedatangan Sandiaga tersebut terkait dengan program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Desa Wisata Pantai Lapasi di Desa Lako Akelamo terpilih sebagai 50 besar desa/kampung wisata terbaik. Adapun kegiatan tersebut berkolaborasi dengan dengan Astra. Nantinya, Astra bakal bekerja sama membantu pendampingan dan pembinaan desa. Desa ini menyuguhkan keindahan Pantai Lapasi.



Pengunjung bisa melakukan susur sungai dan mangrove menggunakan boat. Sementara itu, kuliner yang ada seperti pisang goreng, air guraka, hingga kelapa muda. Lalu, ada pula fesyen kain tenun tradisional hingga beragam produk kriya yang terbuat dari kayu dan daun woka.
(nng)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More