Dari Nanas hingga Jet Tempur, Ini Sederet Oleh-oleh Jokowi dari 3 Negara Asia Timur

Sabtu, 30 Juli 2022 - 18:23 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) bersalaman dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol (ketiga kiri) dalam pertemuan bilateral di Kantor Kepresidenan Yongsan, Seoul, Korea Selatan, Kamis (28/7/2022). ANTARA FOTO/Biro Pers Setpres/Laily Rachev/sgd/YU
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemarin tiba di Tanah Air usai rangkaian kunjungannya ke China, Jepang, dan Korea Selatan.

Lawatan Kepala Negara ke tiga negara di kawasan Asia Timur itu membuahkan sejumlah kesepakatan di berbagai sektor.

China menjadi negara pertama yang dikunjungi Jokowi. Agenda pertama dalam pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Xi Jinping pada Selasa (26/7), keduanya sepakat memperkuat kerja sama ekonomi antar kedua negara.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, yang turut mendampingi Jokowi dalam pertemuan itu menyampaikan China berkomitmen meningkatkan kerja sama ekonomi hijau.

Bentuk kerja samanya antara lain lewat pembangunan Green Industrial Park di Kalimantan Utara, serta peningkatan impor produk pertanian dari Indonesia.





Hasil Pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Xi Jinping juga memastikan sejumlah kesepakatan lain, yaitu sebagai berikut:

1. Pembaruan Nota Kesepahaman (MoU) sinergi poros maritim dunia dan Belt Road Initiative

2. MoU kerja sama pengembangan dan penelitian vaksin dan genomika
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More