5 Negara Penghasil Kayu Bulat Terbesar di Dunia

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 21:30 WIB
Lima negara penghasil kayu bulat terbesar di dunia. FOTO/Istimewa
JAKARTA - Sedikitnya ada lima negara penghasil kayu bulat terbesar di dunia. Pada perkembangannya, kayu menjadi salah satu hasil hutan yang cukup dibutuhkan. Kayu sendiri memiliki beberapa jenis dengan kegunaan dan fungsi yang berbeda-beda.

Salah satu di antaranya adalah kayu bulat. Tercatat, beberapa negara di dunia memiliki produksi kayu bulat yang cukup besar. Sebagian ada yang menggunakan untuk kepentingan dalam negeri. Namun, ada juga sebagian lain yang mengekspor hasil kayu bulat ke negara-negara lain.

Berdasarkan laporan Global Forest Products Facts and Figures milik FAO, berikut lima negara penghasil kayu bulat terbesar di dunia.

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan menghasilkan sekitar 360 juta meter kubik kayu bulat pada tahun 2015. Jika melihat grafiknya, angka ini mengalami kenaikan yang signifikan sejak tahun 2011.



Adapun sebagian besar hasil produksinya digunakan untuk konsumsi dalam negeri. Sedangkan sebagian kecilnya turut diekspor ke berbagai negara di dunia.

2. Rusia

Rusia bertengger di posisi kedua dalam negara penghasil kayu terbesar di dunia. Pada tahun 2015, Moskow memproduksi kayu bulat sekitar 190 juta meter kubik. Melihat grafiknya sejak tahun 2011, angka tersebut menjadi yang terbesar.

Berbeda dengan Amerika Serikat, tingkat penggunaan produk kayu bulat dalam negeri tidak terlalu besar. Justru, Rusia menjadi eksportir kayu bulat terbesar di dunia dalam kurun 2011-2015.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More