Profil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, Raih Gelar Doktor dari Texas A&M University

Rabu, 31 Agustus 2022 - 18:54 WIB
Profil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo. FOTO/Istimewa
JAKARTA - Dilantik pada 6 Desember 2021, Darmawan Prasodjo resmi menjadi d irektur utama PLN . Darmawan merupakan seorang politikus sebelum akhirnya menjabat sebagai Direktur Utama PLN. Ia ditunjuk oleh menteri BUMN untuk menggantikan posisi Zulkifli Zaini.

Darmawan bukan orang baru di PLN. Pada Desember 2021 beliau sudah diangkat menjadi Wakil Direktur Utama sampai akhirnya diangkat menjadi DIrektur Utama. Dilansir dari laman resmi PLN, Ia diangkat sebagai Direktur Utama berdasarkan keputusan Menteri BUMN Nomor SK-389/MBU/12/2021.



Perjalanan yang ia tempuh tidaklah mudah tentunya. Prestasi yang luar biasa dapat menghantarkan Darmawan hingga diangkat menjadi Direktur Utama. Darmawan merupakan Warga Negara Indonesia yang lahir di Magelang pada tanggal 19 Oktober 1970. Pada tahun 2006, Darmawan Prasodjo menikahi Diny Sandra Dewi. Saat SMA, ia menjadi 20 lulusan Siswa SMA terbaik di SMA Negeri 1 Magelang, yang oleh program Habibie tahun 1989 dikirim ke Amerika Serikat untuk melanjutkan studi.

Ia meraih gelar Bachelor of Computer Science dari Texas A&M University pada tahun 1994, Master of Computer Science dari Texas A&M tahun 2000 lalu menyelesaikan gelar Doktor Ekonomi Terapan, Ekonomi Sumber daya alam di Texas A&M University kolaborasi dengan Duke University tahun 2011.



Darmawan Prasodjo merupakan seorang pakar ekonomi energi yang menghabiskan lebih dari 15 tahun di Amerika Serikat untuk menempuh pendidikan dan berkarir sebagai konsultan-peneliti di Texas A&M University dan Duke University. Ia baru saja kembali sejak tahun 2012 dan memulai beberapa karier di beberapa perusahaan.

Darmawan pernah menjabat sebagai Deputi 1 Kepala Staf Kepresidenan. Ia menjabat posisi tersebut sejak dipimpin oleh Luhut Binsar Panjaitan hingga Teten Masduki. Untuk lebih jelasnya berikut ini telah kami rangkum perjalanan karir Darmawan

2021 : Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN)

2019-2021: Wakil Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More