Pesan Jokowi ke Sri Mulyani: Kalau Ada Uang di APBN, Mohon Dieman-eman

Kamis, 29 September 2022 - 10:38 WIB
Dalam kondisi global yang penuh dengan ketidakpastian, Presiden Jokowi memberikan pesan kepada Menkeu Sri Mulyani agar hati-hati mengeluarkan uang di dalam APBN. Foto/Dok
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menerangkan, dalam kondisi global yang penuh dengan ketidakpastian, maka Indonesia memerlukan endurance (ketahanan) yang panjang. Maka dari itu, dia berpesan kepada Menteri Keuangan atau Menkeu Sri Mulyani Indrawati untuk sangat berhati-hati dalam mengelola keuangan negara di dalam APBN .

"Saya pun sering menyampaikan kepada bu Menteri Keuangan. 'Bu, kalau punya uang di APBN Kita, di-eman-eman. Itu bahasa Inggris tuh, di-eman-eman. Dijaga hati-hati mengeluarkannya, harus produktif, harus memunculkan return yang jelas'," ujar Jokowi dalam UOB Economic Outlook 2023 di Jakarta, Kamis (29/9/2022).



Jokowi mengatakan bahwa hampir setiap hari berita soal krisis terdengar dimana-mana, bahkan hampir dari seluruh negara mengalaminya. Baik itu krisis energi, pangan bahkan hingga krisis keuangan.

"Belum lagi soal krisis finansial, pergerakan nilai tukar, yang melompat-lompat baru saja sehari dua hari ini karena APBN di UK, berimbas pada semua negara. Dan kita tahu, kalau dilihat angkanya, nilai tukar Rupiah kita masih baik meski memang melemah -7%, tapi bandingkan dengan negara-negara lain, Jepang misalnya -25%, China -13%, FIlipina -15%, dan lainnya," ungkap Jokowi.





Menurutnya hal itu harus disyukuri. Namun, Jokowi mengatakan bahwa kerja keras dalam jangka panjang masih harus dilakukan.
(akr)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More