IMF: Jika Ekonomi Global Terbelah, Asia Jadi Pecundang Terbesar

Senin, 31 Oktober 2022 - 13:22 WIB
Dampak dari fragmentasi perdagangan lebih besar untuk pasar negara berkembang di Asia dan untuk perusahaan dengan utang tinggi. IMF menyatakan, sementara penelitiannya berfokus pada dampak fragmentasi pada perdagangan, mungkin ada kerugian lain yang lebih dalam, seperti "terurainya ikatan keuangan."

“Fragmentasi keuangan dapat menyebabkan biaya jangka pendek dari pelepasan posisi keuangan yang cepat, dan biaya jangka panjang dari diversifikasi yang lebih rendah dan pertumbuhan produktivitas yang lebih lambat karena berkurangnya investasi asing langsung," kata IMF.

Badan internasional itu mendesak negara-negara untuk menghentikan pembatasan perdagangan yang merusak dan mengurangi ketidakpastian melalui komunikasi yang lebih jelas tentang tujuan kebijakan.

"Penekanan yang lebih besar dapat ditempatkan pada digitalisasi, investasi dalam pendidikan tetapi yang paling penting, kerja sama internasional, karena kami ingin menghindari risiko perpecahan, penting bahwa kita semua bertindak sekarang, bertindak bersama-sama," tegas Srinivasan.
(fai)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More