10 Orang Kaya Dermawan dari Asia, Sumbang Triliunan demi Kemanusiaan

Jum'at, 09 Desember 2022 - 14:53 WIB
Salah satu pendiri HCL Technologies berusia 77 tahun ini adalah miliarder dan filantropis yang diperhitungkan di antara para pendonor teratas di India. Shiv tercatat telah menyalurkan USD1,1 miliar (sekitar Rp16,5 triliun) dari kekayaannya selama beberapa dekade untuk berbagai tujuan sosial melalui Shiv Nadar Foundation.

Tahun ini dia mendonasikan 11,6 miliar rupee atau sekira USD142 juta kepada yayasan yang didirikannya pada tahun 1994 dengan tujuan menciptakan masyarakat yang adil dan berbasis prestasi dengan memberdayakan individu melalui pendidikan.

Yayasan tersebut menyatakan bahwa mereka mempraktikkan "filantropi kreatif", sebuah pendekatan yang berfokus pada dampak jangka panjang bagi generasi yang akan datang. Shiv antara lain telah membantu mendirikan lembaga pendidikan seperti sekolah dan universitas melalui yayasan tersebut.

3. Li Ka-Shing

Selama 12 bulan terakhir, miliarder Hong Kong Li Ka-shing telah menyumbangkan lebih dari 1 miliar dolar Hong Kong atau sekitar USD128 juta (sekitar Rp1,9 triliun) untuk berbagai prakarsa di China daratan, Hong Kong, dan tempat lain di dunia melalui Yayasan Li Ka Shing.

Bantuan tersebut termasuk dana sebesar 150 juta dolar Hong Kong untuk mendanai penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas Cina Hong Kong dan lebih dari 70 juta dolar Hong Kong untuk melawan Covid-19. Yayasan tersebut berupaya mengurangi tekanan pada sistem kesehatan masyarakat Hong Kong dengan mendukung rumah sakit swasta dalam merawat pasien non-Covid dan mendanai pembelian bahan pelindung untuk panti jompo dan makanan untuk orang yang kurang mampu.

Dalam beberapa tahun terakhir, donasinya juga membantu bisnis lokal yang terdampak protes politik yang melanda Hong Kong pada 2019 dan selanjutnya selama pandemi. Menurut yayasan tersebut, sejak tahun 1980 telah memberikan lebih dari 30 miliar dolar Hong Kong dalam bentuk hibah untuk prakarsa termasuk pendidikan, layanan medis dan program anti-kemiskinan, dengan sekitar 80% proyek berfokus pada China daratan dan Hong Kong.



4. Ronnie Chan dan Gerald Chan

Keluarga Chan melalui Morningside Foundation menyumbangkan USD100 juta (sekitar Rp1,5 triliun) kepada Massachusetts Institute of Technology (MIT) untuk mendirikan MIT Morningside Academy for Design. Diluncurkan pada bulan September, lembaga itu akan mengawasi program akademik dan penelitian yang berfokus pada desain di MIT, dengan penekanan pada kolaborasi antara Sekolah Teknik dan Sekolah Arsitektur dan Perencanaan. MIT menyatakan dana tersebut akan digunakan untuk beasiswa, kursi fakultas, dan program lainnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More