Tingkatkan Kesejahteraan UMKM lewat Pasar Digital

Senin, 26 Desember 2022 - 17:38 WIB
11. Bekerja sama dengan produsen sejenis

Jangan salah, menjalin interaksi dengan produsen sejenis dan mengenalkannya pada konsumen melalui aplikasi digital tidak selalu merugikan. Justru bisa saling mendukung pemasaran dan meningkatkan penghasilan.

Bisa dengan kerjasama membuat grade dan mengisi atau membantu memasarkan produk dari produsen lain sesuai grade tersebut. Agar aman, bisa membuat perjanjian khusus dengan produsen yang mempunyai produk sejenis tersebut.

12. Menggunakan website berkualitas

Website bagi pedagang pada masa digital ini sangat penting karena berfungsi sebagai pasar dan sarana komunikasi lintas waktu dan wilayah. Dengan website yang baik dan akses cepat, bisa membuat calon konsumen tertarik dengan produk, bahkan mereferensikannya pada orang lain.

Untuk bisa mendapatkan website berkualitas dapat dengan berlangganan domain. Meski harus membayar sewa setiap tahun, namun jika pengelolaan baik dan meningkatkan penjualan, maka keuntungan yang masuk akan bisa menutup biaya tersebut.

Sebagai pebisnis jangan segan untuk mengeluarkan biaya selama dapat memberikan keuntungan. Karena itu, sebelum mengambil keputusan sebaiknya melakukan Analisis terlebih dulu.

13. Bergabung ke marketplace

Pernah mengunjungi suatu marketplace? Terdapat banyak produsen dengan produk sejenis yang menawarkan dagangannya. Namun hampir semua bisa mendapatkan konsumen tertarget. Bergabung dengan marketplace sangat membantu pemasaran. Apalagi tidak jarang pasar online ini melakukan promosi untuk membantu seller mendapatkan keuntungan.

14. Kuatkan branding
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More