DKI Jakarta Punya 27 Proyek Strategis Nasional, Nilai Investasinya Rp 313 Triliun

Jum'at, 20 Januari 2023 - 07:38 WIB
loading...
DKI Jakarta Punya 27 Proyek Strategis Nasional, Nilai Investasinya Rp 313 Triliun
Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Percepatan Pembangunan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil evaluasi per Januari 2023, terdapat 27 PSN di wilayah DKI Jakarta. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyelesaikan Proyek Strategis Nasional (PSN) sebelum semester I tahun 2024 serta memastikan pembangunan PSN tetap berjalan setelah 2024, pemerintah terus mendorong penyelesaian PSN termasuk yang berlokasi di wilayah DKI Jakarta .



Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Percepatan Pembangunan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil evaluasi per Januari 2023, terdapat 27 PSN di wilayah DKI Jakarta dengan estimasi nilai investasi sebesar Rp313 triliun.

“Dari 27 Proyek tersebut, 3 PSN telah beroperasi, 4 PSN berstatus beroperasi sebagian, 6 PSN dalam masa konstruksi, dan 14 PSN telah masuk ke dalam tahap penyiapan dan transaksi,” ungkap Airlangga dalam Rapat Koordinasi Menteri terkait Percepatan Infrastruktur PSN di Jakarta, Kamis (19/1/2023),

Sejalan dengan status PSN tersebut, para pemangku kepentingan diminta untuk komitmen agar ke 14 proyek yang masih dalam tahap penyiapan dan transaksi dipastikan telah masuk minimal tahap konstruksi pada semester I tahun 2024.

Selain itu, Airlangga juga menekankan pentingnya penyelesaian proyek terkait dengan manfaat yang luas bagi masyarakat dan perekonomian di wilayah Jakarta dan sekitarnya, terutama terhadap 9 Cluster proyek senilai Rp256 triliun yakni MRT North South Line Fase 2, MRT East West, LRT Velodrome – Manggarai, Pengolahan Sampah menjadi Energi Listrik, Sistem Pengolahan Air Minum Regional Jatiluhur I, 6 ruas jalan tol DKI, Jalan tol Akses New Priok Eastern Access (NPEA), Jakarta Sewerage System, dan Tanggul Pantai.



Sementara Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pada kesempatan tersebut juga menekankan pentingnya penyelesaian PSN sektor transportasi di DKI Jakarta, mengingat meningkatnya isu kemacetan di wilayah DKI Jakarta.

Sementara itu, Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyampaikan komitmen untuk melaksanakan PSN di wilayah DKI Jakarta sesuai dengan kewenangannya, baik dari sisi pembiayaan, perizinan maupun penetapan lokasi.

Sesuai dengan arahan Airlangga, pimpinan Kementerian/Lembaga telah berkomitmen untuk mengakselerasi proyek atau program yang telah diamanatkan dalam Peraturan Menteri Bidang Perekonomian Nomor 21 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional.

"Komitmen para pemangku kepentingan terutama Menteri Perhubungan dan Pj. Gubernur DKI Jakarta menjadi sangat penting dalam memenuhi readiness criteria dan kesiapan proyek untuk dapat dilaksanakan oleh para penanggung jawab PSN," pungkas Airlangga.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1766 seconds (0.1#10.140)