Edukasi MotionCredit: Kenali 2 Jenis Agunan Kredit Multiguna

Jum'at, 20 Januari 2023 - 11:38 WIB
loading...
Edukasi MotionCredit: Kenali 2 Jenis Agunan Kredit Multiguna
Ada dua jenis agunan yang biasanya dijadikan jaminan oleh Lembaga Jasa Keuangan (LJK). Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Saat pengajuan pinjaman dana atau kredit multiguna ke Lembaga Jasa Keuangan (LJK), biasanya LJK sebagai pemberi pinjaman akan meminta jaminan berupa barang berharga atau dikenal dengan agunan.

Agunan ini memiliki fungsi penting sebagai pengaman atau alat yang dapat mengurangi risiko bagi pemberi kredit jika penerima kredit gagal memenuhi kewajiban pembayaran atau wanprestasi.

Namun, jika penerima kredit telah melunasi kewajiban pembayaran, maka agunan tersebut akan dikembalikan kepada penerima kredit. Terdapat dua jenis agunan yang biasanya dijadikan jaminan oleh LJK, antara lain:

1. Agunan Berwujud
Agunan berwujud merupakan jaminan yang keberadaannya dapat dilihat, memiliki wujud, dan dapat diukur. Agunan berwujud terbagi menjadi 2 jenis, yaitu:

a. Agunan Bergerak
Agunan bergerak adalah jaminan berupa benda yang berwujud dan dapat bergerak/berpindah, misalnya kendaraan roda 4 (mobil, truk, dan lain-lain), kendaraan roda 2 (motor), kapal laut, pesawat, dan sebagainya.

b. Agunan Tidak Bergerak
Agunan tidak bergerak yaitu jaminan berupa benda yang dapat dilihat, tetapi tidak dapat bergerak/berpindah, misalnya properti (rumah, apartemen, dan lain-lain), tanah, logam mulia, mesin pabrik, dan sebagainya.



2. Agunan Tidak Berwujud
Agunan tidak berwujud adalah jaminan yang tidak terlihat atau berwujud, tetapi tetap memiliki nilai yang dapat dijadikan sebagai jaminan. Contohnya deposito, obligasi, surat berharga (saham), hak kekayaan intelektual, dan sebagainya.

Pada aplikasi MotionCredit, Anda dapat memilih agunan berwujud yang ingin Anda gunakan untuk mengajukan kredit multiguna, yaitu berupa BPKB mobil melalui MNC Dana Mobil atau sertifikat rumah melalui MNC Dana Rumah.

Selain pengajuan yang praktis, Anda juga bisa bebas menentukan jumlah pinjaman dan panjang tenor berdasarkan kebutuhan, sesuai plafon yang tersedia pada aplikasi MotionCredit. Yuk download aplikasi MotionCredit di Google PlayStore/Apple AppStore melalui http://onelink.to/motioncredit .

MotionCredit merupakan aplikasi pembiayaan digital dari PT MNC Guna Usaha Indonesia (MNC GUI) dan PT MNC Finance (MNC Finance) yang bergerak sebagai perusahaan multifinance yang telah terdaftar dan berizin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).



MotionCredit membantu Anda mendapatkan pendanaan melalui MNC Dana Rumah, MNC Dana Mobil, dan MNC Dana Haji dengan mudah, transparan, dan aman.

#LifeInMotion #MotionCredit #MNCDanaRumah #MNCDanaMobil #MNCDanaHaji #MNCFinancialServices #MNCFinance #MNCGunaUsaha #Agunan #KreditMultiguna
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1842 seconds (0.1#10.140)