5 Negara Pembeli Emas Terbesar di Dunia, Nomor Terakhir Indonesia

Jum'at, 20 Januari 2023 - 17:20 WIB
loading...
5 Negara Pembeli Emas Terbesar di Dunia, Nomor Terakhir Indonesia
Terdapat sejumlah negara pembeli emas terbesar di dunia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah negara pembeli emas terbesar di dunia . Negara tersebut didominasi oleh mereka yang memiliki jumlah penduduk tinggi seperti China, India, hingga Indonesia.

Melansir dari Investopedia, selama jutaan tahun obsesi terhadap emas di setiap negara di dunia terjadi. Terutama untuk negara yang menganggap bahwa emas memiliki nilai budayanya tersendiri, misalnya untuk pernikahan.

Selain dijadikan sebagai harta benda logam mulia, emas juga biasa dijadikan sarana investasi. Hal tersebutlah yang membuat permintaan emas di suatu negara menjulang tinggi.

Baca juga : 4 Negara Pembeli Minyak Murah Rusia, Nomor 3 Tetangga Indonesia

Berikut lima negara pembeli emas terbesar di dunia :

1. India

India menjadi negara pembeli emas terbesar di dunia dalam lima tahun terakhir. Tingginya permintaan meas di Negara Bollywood ini disebabkan karena banyaknya festival kebudayaan yang membutuhkan logam mulia ini.

Pada tahun 2020, permintaan emas di India mencapai 464 metrik ton, kemudian meningkat pesat di tahun 2021 menjadi 797 metrik ton.

2. China

Negeri Tirai Bambu berada di posisi ke dua. Permintaan emas di China sebelumnya sempat menurun pada tahun 2019 karena Covid 19.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1364 seconds (0.1#10.140)