Upaya BUMN Perhutanan Kembangkan Ekosistem Digital

Jum'at, 20 Januari 2023 - 18:47 WIB
loading...
Upaya BUMN Perhutanan Kembangkan Ekosistem Digital
Virtual forest jadi upaya mengembangkan ekosistem digital. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Perum Perhutani resmi meluncurkan virtual forest, sebuah metaverse yang menghadirkan kawasan hutan secara virtual yang bisa diakses menggunakan perangkat AR/VR. Direktur SDM, Umum dan IT, Perhutani M. Denny Ermansyah mengatakan, kehadiran virtual forest dapat menciptakan pengalaman realistik layaknya mengunjungi hutan di dunia nyata.



Denny menyebutkan bergabungnya Perhutani dalam MetaNesia sejalan dengan program strategis perusahaan terkait pengembangan ekosistem digital . Melalui MetaNesia, Perhutani berharap tercipta peluang baru untuk memasarkan produk-produk Perhutani.

"Metaverse saat ini sudah memasuki dunia bisnis, maka dari itu kami meluncurkan Perhutani Virtual Forest. Perhutani Virtual Forest merupakan salah satu upaya kami dalam mempromosikan produk Perhutani melalui dunia metaverse," ungkap Denny, Jumat (20/1/2023).

Pada event Indonesia Metaverse Show 2023, Perhutani turut berpartisipasi dengan mendirikan booth pameran yang menampilkan VR experience dengan mengunjungi booth Perhutani di mall virtual Metanesia.

Lalu menikmati program wellness tourism di salah satu lokasi wisata Perhutani yaitu Ranca Upas secara virtual melalui video 360, sehingga para pengunjung bisa merasakan suasana menginap di bobocabin, berendam di onsen, melakukan yoga di alam terbuka dan memberi makan rusa.

Selain itu juga berpartisipasi dalam program pohon asuh, dan pengunjung bisa mengadopsi pohon dengan melakukan pembayaran non-tunai dan akan memperoleh sertifikat adopsi pohon yang di-NFT-kan.

Indonesia Metaverse Show 2023 merupakan wadah bagi Forum Digital Indonesia (Fordigi) untuk menyampaikan informasi terkini yang berkaitan dengan AI, blockchain, metaverse guna mendukung inovasi BUMN.



Indonesia Metaverse Show 2023 diharapkan mampu untuk mengembangkan strategi adopsi teknologi yang efektif di lingkungan BUMN serta mewujudkan Satu Data BUMN untuk mendukung pengelolaan BUMN yang efektif.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2197 seconds (0.1#10.140)