Relasi Zulhas-Majid Tandai Babak Baru Perdagangan RI-Arab Saudi

Rabu, 25 Januari 2023 - 14:14 WIB
loading...
Relasi Zulhas-Majid Tandai Babak Baru Perdagangan RI-Arab Saudi
Mendag Zulhas bahkan menjadi pejabat setingkat menteri pertama yang mengunjungi kawasan Al-Ula. Ini adalah kawasan unggulan yang menjadi prioritas Pangeran Muhammad bin Salman alias MBS untuk visi baru Arab Saudi ke depan.
A A A
SAUDI - Misi dagang Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan ke Arab Saudi mendulang sukses. Mendag Zulhas , sapaan akrabnya, berhasil membawa pulang kerja sama bernilai lebih dari Rp2,3 triliun.

Bukan hanya itu, hubungan dagang Indonesia-Arab Saudi juga semakin erat. Mendag Arab Saudi, Dr Majid bin Abdullah Al-Qasabi, berjanji akan memperbaiki dan meningkatkan kerja sama dagang Saudi dengan Indonesia. Termasuk, segera menandatangani Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA).

Baca Juga: Misi Dagang Zulhas Jadi Sorotan Media Arab Saudi

Hal itu tak lepas dari persahabatan antara Mendag Zulhas dan Majid. Gaya Zulhas yang lebih akrab dan bersahabat berhasil membangun relasi yang sangat baik dengan para petinggi, bangsawan, dan menteri Arab Saudi.

Pada Minggu (22/1/2023), Zulhas bahkan menjadi pejabat setingkat menteri pertama yang mengunjungi kawasan Al-Ula. Ini adalah kawasan unggulan yang menjadi prioritas Pangeran Muhammad bin Salman alias MBS untuk visi baru Arab Saudi ke depan.

Tak tanggung-tanggung, Mendag Majid bahkan menyetir sendiri mobilnya dari Airport Alula ke tempat pertemuan di dataran tinggi pegunungan yang perjalanannya berkelak-kelok sekitar 15 menit untuk mengantar Zulhas dan rombongan.

“Menteri Zulkifli sudah saya anggap sebagai saudara sendiri. Saya antar langsung ke Al-Ula. Insya Allah hubungan Saudi dan Indonesia ke depan semakin baik dan erat,” kata Mendag Majid.

Kata-kata dari Mendag Majid itu terucap setibanya di Al Ula, sebuah kota dagang kuno yang merupakan bagian dari Provinsi Madinah. Tempat ini memiliki waktu tempuh sekitar 4 jam dari Masjid Nabawi. Di sana delegasi Indonesia dan Arab Saudi melakukan perbincangan bilateral untuk meningkatkan nilai perdagangan masing-masing negara.

Zulhas pun merasa terhormat diperlakukan secara istimewa oleh Mendag Majid. Malam harinya ia dijamu khusus oleh Mendag Majid di Diryah Historical District, Riyadh. Perjalanan Madinah-Riyadh ditempuh selama 55 menit menggunakan jet pribadi milik Majid.

Hubungan istimewa antara Majid dan Zulhas bukan hanya menjadi kabar baik bagi kedua pihak, tetapi memberi dampak kepada perdagangan kedua negara.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2331 seconds (10.101#12.26)