Rupiah Sore Ini Perkasa Versus Dolar AS Saat China Cabut Kebijakan Zero Covid

Kamis, 26 Januari 2023 - 16:07 WIB
loading...
Rupiah Sore Ini Perkasa Versus Dolar AS Saat China Cabut Kebijakan Zero Covid
Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) menguat pada perdagangan sore, Kamis (26/1/2023), beberapa sentimen positif ini menjadi penopangnya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) menguat 17 poin di level Rp14.947 per USD pada perdagangan sore, Kamis (26/1/2023). Pengamat Pasar Uang, Ibrahim Assuaibi mengatakan, penguatan kurs rupiah ini dukung oleh pencabutan kebijakan zero covid di China .

"Pencabutan kebijakan zero covid oleh pemerintah Tiongkok menjadi angin segar dan akan berdampak positif pada ekonomi global," ujar Ibrahim dalam rilis hariannya.



Lanjutnya, relaksasi pembatasan di China tersebut tidak hanya akan membuat pasokan global membaik, namun permintaan juga akan meningkat yang pada akhirnya secara global akan berdampak positif.



Di samping itu, Ibrahim meyakini ekonomi nasional akan tetap tumbuh. Hal itu didasarkan dari proyeksi Bank Indonesia (BI) di kisaran 4,5% – 5,3%, keyakinan masyarakat meningkat karena telah dihapusnya PPKM, serta membaiknya konsumsi rumah tangga.

"Begitu pula dengan investasi yang diperkirakan mengalami peningkatan," tambahnya.

Di samping itu, Ibrahim memprediksi, untuk perdagangan besok, Jumat (27/1) mata uang rupiah dibuka berfluktuatif namun ditutup menguat di rentang Rp 14.920 - Rp 15.990.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1286 seconds (0.1#10.140)