Pelatihan Budidaya Ikan Hasilkan Beragam Inovasi Produk Olahan UMKM

Jum'at, 27 Januari 2023 - 14:31 WIB
loading...
Pelatihan Budidaya Ikan Hasilkan Beragam Inovasi Produk Olahan UMKM
Pelatihan inovasi produk olahan ikan yang digelar Sahabat SandiUno di Ciamis, Jawa Barat. FOTO/dok.Istimewa
A A A
CIAMIS - Sahabat SandiUno meresmikan gerai UMKM hasil olahan ikan di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Gerai tersebut merupakan hasil dari pelatihan pemberdayaan budidaya ikan air tawar dan pakan ikan mandiri.

"Kami memberikan pelatihan budidaya ikan tawar dan pakan mandiri untuk meningkatkan kesejahteraan terhadap pelaku usaha dan masyarakat yang berkeinginan mempunyai usaha," ujar Ketua Sahabat SandiUno Ciamis Akaw, di Kelurahan Sindangrasa, Kabupaten Ciamis, Jumat (27/1/2023).



Para peserta pelatihan berhasil menciptakan produk olahan ikan seperti abon nila, es krim nila, cendol nila, kue dan brownies nila. mengatakan pelatihan ini dapat mendorong kesejahteraan masyarakat dan menciptakan peluang bisnis dari olahan ikan.

Akaw mengapresiasi program yang digencarkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno tersebut. Program tersebut diharapkan dapat mendorong pemulihan ekonomi hingga mengurangi pengangguran dengan menciptakan lapangan kerja baru.

"Program ini didorong oleh Pak Sandi untuk mengedukasi bagaimana pelatihan yang diberikan mengarahkan pada 4,4 penciptaan lapangan kerja untuk mengurangi pengganguran di Indonesia," ujar Akaw.



Dalam kegiatan ini, para peserta diberikan materi pelatihan mulai dari manajemen kualitas air, agar ikan tetap terpelihara dengan baik. Kemudian, pihaknya akan membantu pemasaran dan modal bagi peserta yang sudah menciptakan produk olahan ikan.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1613 seconds (0.1#10.140)