Mendorong Konversi Motor BBM Jadi Listrik, Begini Jurus Kementerian ESDM

Rabu, 01 Februari 2023 - 17:52 WIB
loading...
Mendorong Konversi Motor BBM Jadi Listrik, Begini Jurus Kementerian ESDM
Insentif konversi motor BBM menjadi motor listrik juga disiapkan pemerintah, sementara itu Kementerian ESDM sedang menginventarisasi bengkel-bengkal yang mempunyai sertifikat untuk konversi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Guna mempercepat program konversi kendaraan berbahan bakar minyak (BBM) menjadi kendaraan listrik. Pemerintah akan mengeluarkan dua model insentif kendaraan listrik yakni, insentif untuk pembelian kendaraan listrik baru dan insentif konversi motor BBM menjadi motor listrik .

"Pemerintah akan mengeluarkan 2 insentif program konversi, satu adalah program insentif untuk motor listrik baru dan yang kedua program insentif untuk konversi dari motor berbahan bakar bensin ke motor listrik. Kementerian ESDM menjadi PIC yang kedua untuk program (insentif) konversi itu," ujar Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana saat menyampaikan Capaian Kinerja Direktorat Jenderal EBTKE tahun 2022, Selasa (31/1/2023).



Lebih lanjut Dadan mengungkapkan, saat ini konversi sepeda motor berbahan bakar bensin ke motor listrik masif dilakukan bekerja sama dengan berbagai pihak. "Kementerian ESDM telah melakukan konversi motor BBM menjadi motor listrik hingga mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Perhubungan sejumlah 143 unit," bebernya.



Selain telah melakukan konversi, Kementerian ESDM melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan Pelatihan Teknis Konversi Sepeda Motor BBM Menjadi Sepeda Motor Listrik kepada 49 bengkel yang tersebar di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta (dalam 2 gelombang), Dadan melanjutkan.

Kementerian ESDM lanjut Dadan, saat ini sedang menginventarisasi bengkel-bengkal yang mempunyai sertifikat untuk konversi dan merencanakannya untuk melakukan pelatihan-pelatihan agar nanti bengkel konversinya menjadi lebih banyak.

"Arahan dari rakor kemarin dilakukan di 10 kota besar di Indonesia. Jadi kita akan lakukan hal ini untuk mempercepat program konversi," pungkas Dadan.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1353 seconds (0.1#10.140)