Bulog Terlilit Utang Rp 32 Triliun Saat Buwas Datang, Kini Tinggal Tersisa Rp 7 T

Kamis, 02 Februari 2023 - 19:55 WIB
loading...
Bulog Terlilit Utang Rp 32 Triliun Saat Buwas Datang, Kini Tinggal Tersisa Rp 7 T
Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Budi Waseso mengaku, telah memangkas utang perusahaan sebesar Rp 25 triliun dari total utang Rp 32 triliun. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog , Budi Waseso mengaku, telah memangkas utang perusahaan sebesar Rp 25 triliun dari total utang Rp 32 triliun. Meski begitu BUMN Pangan itu saat ini masih terlilit utang yang tersisa mencapai Rp 7 triliun.



Buwas -sapaan akrab Budi Waseso- menceritakan, saat awal dirinya menjabat sebagai Direktur Utama Bulog pada 2018 lalu, kondisi perusahaan terlilit utang sebesar Rp 32 triliun. Bahkan terangnya, Bulog menelan kerugian hingga Rp 1,7 triliun.

"Saya bersyukur, Alhamdulillah. Pertama, saya itu waktu menjadi Dirut seingat saya (Bulog) punya utang Rp 32 triliun. Saya ditinggalin kerugian 1,7 triliun," ungkap Dirut Buwas saat konferensi pers, Kamis (2/2/2023).

Pada 2021 lalu, lanjut Buwas, dirinya mulai memperbaiki struktur keuangan Bulog. Meski keuntungan perusahaan masih tercatat kecil yakni Rp 267 miliar.

"Mulai dari 2021, saya sudah bisa membukukan keuntungan, walaupun masih cukup kecil untuk sekelas Bulog," kata dia.



Mantan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) itu mengaku tidak memiliki pengalaman bisnis di sektor pangan, hanya saja dia punya keinginan besar untuk belajar. Kesempatan belajar dia dapatkan saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempercayai dirinya memimpin Bulog.

"Saya kan latar belakangnya polisi, enggak ada ilmu sedikitpun soal Bulog. Tapi saya punya kemauan dan akhirnya saya bisa," ucap dia.

"Jadi kalau lihat dari itu (utang dan kerugian) kira-kira stres nggak? tapi kan ini semua karena penugasan. Tapi itulah, sekarang bisa buktikan bahwa siapapun itu bisa asalkan punya kemauan," lanjutnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2023 SINDOnews.com. All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.4068 seconds (10.101#12.26)