Maybank Syariah Siapkan Rp230 Miliar untuk UMKM

Jum'at, 19 Juni 2015 - 14:24 WIB
Maybank Syariah Siapkan Rp230 Miliar untuk UMKM
Maybank Syariah Siapkan Rp230 Miliar untuk UMKM
A A A
JAKARTA - PT Maybank Syariah Indonesia menyiapkan dana Rp230 miliar guna memenuhi aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait penyaluran pembiayaan sebesar 5% ke usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) pada tahun ini.

"Pada tahap pertama, kami bekerja sama dengan Bank Syariah Artha Madani yang akan menyalurkan pembiayaan ke UMKM," ujar Presiden Direktur Maybank Syariah Norfadelizan Abdul Rahman di Jakarta, Jumat (19/6/2015).

Sementara itu, Head of Business Banking Departement Maybank Syariah Fadillah Amri menjelaskan, bentuk kerja sama antara Maybank Syariah dengan BPRS Artha Madani adalah executing.

"Pembiayaan ini dilakukan secara tidak langsung, tetapi melalui Artha Madani," ujarnya.

Dia mengatakan, penyaluran pembiayaan melalui Artha Madani untuk tahap pertama sebesar Rp8,5 miliar. Saat ini, pembiayaan Maybank Syariah ke UMKM belum ada. Selanjutnya pihaknya akan menggandeng institusi-institusi lain untuk membiayai UMKM.

Di sisi lain, Fadillah menilai, industri perbankan syariah nasional akan mengalami pertumbuhan positif pada paruh kedua tahun ini dibanding dua tahun terakhir.

"Untuk mendukung pertambahan porsi pasar syariah, kami akan terus meningkatkan kerja sama dengan swasta," pungkas dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0325 seconds (0.1#10.140)