5 Proyek Raksasa China di Indonesia: Habiskan Duit Rp112,5 Triliun, Nomor 2 Paling Ribet...Bet

Minggu, 05 Februari 2023 - 12:42 WIB
loading...
5 Proyek Raksasa China di Indonesia: Habiskan Duit Rp112,5 Triliun, Nomor 2 Paling Ribet...Bet
Proyek kereta cepat Jakarta Bandung menjadi proyek kerja sama Indonesia-China yang paling ribet. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - China banyak membangun dan terlibat dalam proyek -proyek besar di Indonesia pada era pemerintahan Jokowi. Proyek-proyek besar yang dibangun itu umumnya menggunakan skema kerja sama pemerintahan (G2G) atau kerja sama bisnis (B2B).



Tak pelak, investasi China di Indonesia pun semakin membesar. Beberapa pekan yang lewat, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkap, China sukses menggeser posisi Singapura sebagai penanam modal terbesar di Indonesia pada kuartal IV 2022.

Jumlah investasi China pada kuartal IV 2022 tercatat mencatat USD3 miliar. Sementara investasi Singapura "hanya" USD2,7 miliar.

"China kali ini di kuartal keempat terbesar. Tapi kalau kumulatif tetap Singapura," kata Bahlil.

Investasi China memang terus mengalami kenaikan sejak 2013. Saat itu investasi Negeri Tirai Bambu cuma USD297 juta dan bertengger di posisi 12. Namun pada 2015 investasi China tercatat USD628 juta dan berada di posisi 9.

Pada 2022 China menempati posisi kedua sebagai investor terbesat di Indonesia dengan angka USD8,2 miliar. Posisi pertama ditempati Singapura dengan nilai USD13,3 miliar.

Banyaknya investasi China memang tak lepas dari sejumlah proyek raksasa yang dibangun mereka di Indonesia. Besarnya investasi China memang merupakan pertalian antara gerakan Belt and Road Initiative (BRI) yang digagas Xi Jinping sejak 2013 dengan keinginan pemerintah membangun infrastruktur.

China menyediakan anggaran hingga USD8 triliun untuk membangun jalur suterta modern, yang juga melintasi wilayah Indonesia. Sementara Indonesia membutuhkan dana ribuan triliun rupiah untuk membangun infrastruktur, yang pada periode 2014-2019 saja butuh Rp5.500 triliun.

Lantas poryek-proyek apa saja yang membuat investasi China di Indonesia menggelembung. Inilah lima di antara proyek kerja sama China dan Indonesia yang terbesar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2114 seconds (0.1#10.140)