Pedagang Pasar Induk Cipinang Keluhkan Pasokan Beras Langka

Senin, 06 Februari 2023 - 19:54 WIB
loading...
Pedagang Pasar Induk Cipinang Keluhkan Pasokan Beras Langka
Cerita para pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) yang mengeluhkan kelangkaan pasokan beras, terutama dari daerah. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Para pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) mengeluhkan pasokan beras yang semakin langka terutama dari daerah. Salah seorang pedagang bernama Roji mengatakan, kelangkaan pasokan beras dikarenakan belum memasuki masa panen padi.

"Pasokan dari daerah saat ini 95% berkurang, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur pun enggak ada, kecuali beras pesanan khusus di pabrik," kata Roji kepada MPI, Senin (6/2/2023).



Roji mengungkapkan, hal tersebut jugalah yang akhirnya menaikkan harga beras. Permintaan terus meningkat, namun pasokan beras di pedagang menipis.

Dia menuturkan bahwa Bulog memang telah melakukan penyaluran, namun jumlahnya masih sangat sedikit dan belum bisa menutupi kebutuhan pasar. "Walaupun Bulog dikucurin kaya gimana, tetap berkurang terus (pasokan beras daerah) harga tinggi," jelasnya.



Hal senada juga disampaikan pedagang lain, Toto yang mengaku kesulitan mendapatkan pasokan beras dari daerah. Bahkan kalaupun ada yang datang, ia harus berebut dengan pedagang beras yang lain.

"Memang pasokan beras daerah sangat langka, biasanya pagi-pagi di sini kalau hari Senin penuh dengan truck dari daerah. Tapi sekarang sepi, karena pasokan daerah juga lagi kosong," ujarnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6298 seconds (0.1#10.140)