Menhub Bahas Peningkatan Kerja Sama Sektor Transportasi dengan Singapura

Senin, 13 Februari 2023 - 20:39 WIB
loading...
Menhub Bahas Peningkatan Kerja Sama Sektor Transportasi dengan Singapura
Menhub Budi Karya Sumadi meningkatkan kerja sama sektor transportasi dengan Singapura. FOTO/dok.Kemenhub
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Singapura untuk bertemu dengan Menteri Transportasi Singapura Iswaran. Pertemuan tersebut membahas upaya peningkatan kerja sama kedua negara khususnya di sektor transportasi udara, laut, dan pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) di sektor transportasi.

"Hubungan bilateral antara Indonesia dan Singapura selama ini sudah terjalin baik, dan kedua negara sepakat untuk menjaga hubungan yang saling menguntungkan dan membuka sejumlah peluang kerja sama di sektor transportasi," ujar Menhub melalui pernyataannya dalam kunjungannya ke Australia, Senin (13/2/2023).



Dalam pertemuan tersebut, Menteri Budi Karya bersama Iswaran menyaksikan penandatanganan dokumen antara Kemenhub RI dengan Kementerian Transportasi Singapura, sebagai tindak lanjut dari perjanjian FIR kedua negara pada tahun 2022 lalu.

"Ini merupakan upaya bersama kedua negara untuk meningkatkan keselamatan, keteraturan, dan efisiensi pengelolaan ruang udara di kawasan kedua negara. Langkah ini juga menunjukkan komitmen kedua negara untuk mengimplementasikan perjanjian FIR yang telah ditandatangani tahun lalu," ujar Menhub.

Dalam kunjungannya ke Singapura, Menhub juga sempat mengunjungi pelabuhan logistik di Singapura. "Kami ingin mencari referensi desain dan teknologi terkini untuk pengembangan pelabuhan di Indonesia," ucapnya.

Sementara, terkait pengembangan SDM sektor transportasi, Menhub mendorong dilaksanakannya program-program praktek kerja lapangan untuk sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan. Menhub mengapresiasi salah satu program praktek kerja lapangan yang sudah dijalankan di Atase Perhubungan Singapura, di mana program tersebut memberikan kesempatan bagi Perwira atau Taruna/i untuk mendapatkan pengalaman selama 6 bulan bekerja di kantor Atase.

"Program ini sangat baik, karena selain menimba ilmu di sekolah, mereka memiliki pengalaman langsung bekerja di lapangan dengan lingkup internasional,” tuturnya.



Selain itu, Menhub juga sempat bertemu dengan WNI yang ada di Singapura dalam acara kumpul bersama komunitas pesepeda "Ride Love”, bersama Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryopratomo dan Atase Perhubungan di Singapura Diaz Saputra. Turut hadir dalam kunjungan kerja, Dirjen Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni dan Dirjen Perhubungan Laut Arif Toha.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3988 seconds (0.1#10.140)