BRICS Perdebatkan Ekspansi Saat Iran dan Arab Saudi Coba Cari Jalan Masuk

Kamis, 16 Februari 2023 - 12:27 WIB
loading...
BRICS Perdebatkan Ekspansi Saat Iran dan Arab Saudi Coba Cari Jalan Masuk
Keputusan Iran dan Arab Saudi gabung BRICS bakal diputuskan tahun ini, dimana disebutkan duta besar Afsel bahwa lebih dari selusin negara yang telah mengetuk pintu. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - BRICS berencana akan memutuskan tahun ini apakah bakal menerima anggota baru dan kriteria apa yang harus mereka penuhi. Duta besar Afrika Selatan untuk blok tersebut menyebutkan, Iran dan Arab Saudi termasuk di antara mereka yang secara resmi mengajukan keinginan untuk bergabung.



Keputusan ini bakal memperbesar kelompok multilateral yang mencakup beberapa negara di antaranya Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan. Hal itu diyakini akan menguntungkan Beijing, karena ekonomi terbesar kedua di dunia mencoba membangun pengaruh diplomatik untuk melawan dominasi negara-negara maju di Perserikatan Bangsa-Bangsa, Dana Moneter Internasional, Bank Dunia dan lembaga lainnya.

China memulai percakapan tentang ekspansi ketika menjadi ketua tahun lalu, hingga memicu kekhawatiran di antara anggota lain bahwa pengaruh mereka akan berkurang, terutama jika sekutu dekat Beijing diterima. Produk domestik bruto China tercatat lebih dari dua kali gabungan keempat anggota BRICS lainnya.



Proposal untuk memperluas BRICS akan menjadi salah satu fokus utama blok ekonomi tahun ini, kata Duta Besar Anil Sooklal. Afrika Selatan merupakan ketua grup saat ini.

"Ada lebih dari selusin negara yang telah mengetuk pintu," kata Sooklal dalam sebuah wawancara di Johannesburg pekan lalu.

"Kami cukup maju dalam melihat kelompok anggota baru lebih lanjut," paparnya.

Ketidakseimbangan Suara

Potensi reposisi BRICS datang ketika negara-negara maju di Eropa dan Amerika Utara berusaha untuk memperkuat aliansi untuk melawan pengaruh China yang semakin dominan dan tegas dengan membentuk blok baru dan menandatangani pakta perdagangan serta keamanan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2620 seconds (0.1#10.140)