Siap-siap, Tarif 4 Ruas Tol Berikut Bakal Naik Dalam Waktu Dekat

Kamis, 16 Februari 2023 - 21:24 WIB
loading...
Siap-siap, Tarif 4 Ruas Tol Berikut Bakal Naik Dalam Waktu Dekat
Tarif 4 ruas tol akan naik dalam waktu dekat. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sekretaris BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) , Kementerian Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Triono Junoasmono mengungkapkan pada tahun ini terdapat belasan ruas tol yang akan mengalami penyesuaian tarif. Namun demikian, beberapa ruas tol tersebut masih dalam dalam tahap evaluasi dan penetapan waktu penyesuaian tarifnya berdasarkan Keputusan Menteri PUPR.

"Kita memang akan melakukan penyesuaian tarif, tapi untuk masalah Bulan apa itu belum, karena kan nanti harus kita cek dahulu SPM (standar pelayanan minimum)-nya, udah masuk baru kita sesuaikan," ujarnya saat dihubungi MNC Portal, Kamis (16/2/2023).

Lihat Foto: Kepadatan Arus Kendaraan di Tol Desari

Triono mengungkapkan dalam waktu dekat ada 4 ruas tol yang akan melakukan penyesuaian tarif. Mengingat ke-4 jalan tol tersebut sudah jatuh tempo 2 tahunan untuk melakukan penyesuaian tarif. "Dalam waktu dekat ada 4 ruas jalan tol yang akan disesuaikan tarif tolnya," sambungnya.

Adapun 4 Ruas tol tersebut adalah SS Waru-Bandara Juanda, Bogor Ring Road, Depok - Antasari, dan Kunciran-Serpong. Pada kesempatan sebelumnya, Triono mengatakan bahwa pada tahun 2023 ini memang cukup banyak ruas tol yang jatuh tempo dalam hal kenaikan tarif dua tahunan.

"Banyak banget yang mengalami kenaikan, bukan hanya satu atau dua ruas, di Jawa ada belasan ruas, jadi ada cukup banyak yang melakukan penyesuaian tarif," katanya saat ditemui MNC Portal di DPR Rabu kemarin.

Dia menyebutkan dua ruas tol yang akan mengalami kenaikan pada tahun 2023 ini seperti jalan tol Jagorawi dan Jalan Tol Padaleunyi (Padalarang - Cileunyi) yang juga bakal melakukan penyesuaian tarif. Seperti diketahui, penyesuaian tarif tol mengacu pada Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan.



Melalui regulasi tersebut, setiap dua tahun sekali tarif boleh melakukan penyesuaian menimbang kondisi makro ekonomi. Selain itu untuk menjaga iklim Invetasi di jalan tol. Sebelumnya, Badan Usahanya Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya (Persero) telah mengumumkan bahwa 7 ruas tolnya akan mengalami kenaikan di tahun 2023 ini. Seperti Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road Seksi S (JORR-S), Akses Tanjung Priok (ATP), Medan - Binjai, Pekanbaru - Dumai, Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung, Bakauheni - Terbanggi Besar, Palembang - Indralaya.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1759 seconds (0.1#10.140)