Wall Street Ditutup Jeblok Catat Kinerja Terburuk Sepanjang 2023

Rabu, 22 Februari 2023 - 07:15 WIB
loading...
Wall Street Ditutup Jeblok Catat Kinerja Terburuk Sepanjang 2023
Wall Street membukukan kinerja terburuk tahun ini pada perdagangan Selasa (21/2/2023) waktu setempat. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Wall Street membukukan kinerja terburuk tahun ini pada perdagangan, Selasa (21/2/2023) waktu setempat dengan tolok ukur utama berakhir turun. Hal itu karena investor menafsirkan rebound dalam aktivitas bisnis Amerika Serikat (AS) pada Februari yang berarti suku bunga harus tetap lebih tinggi lebih lama untuk mengendalikan inflasi.

Mengutip Reuters, Dow Jones Industrial Average (.DJI) turun 697,1 poin, atau 2,06%, menjadi 33.129,59, S&P 500 (.SPX) kehilangan 81,75 poin, atau 2,00%, menjadi 3.997,34 dan Nasdaq Composite (.IXIC) turun 294,97 poin, atau 2,5%, menjadi 11.492,30.



Untuk S&P 500 (.SPX) dan Nasdaq Composite (.IXIC), adalah sesi ketiga berturut-turut yang ditutup lebih rendah, sementara penurunan Dow Jones Industrial (.DJI) menghapus kenaikannya untuk tahun 2023. Penurunan terjadi setelah indeks S&P Global Purchasing Manufacturer's, yang mencerminkan aktivitas bisnis di Amerika Serikat, kembali berekspansi untuk pertama kalinya dalam delapan bulan di bulan Februari. Pembacaan 50,2, naik dari 46,8 pada Januari, didukung oleh sektor jasa yang kuat, menurut sebuah survei.

Laporan tersebut menambah banyaknya data ekonomi baru-baru ini yang telah melukiskan gambaran ekonomi yang tangguh, yang terus bekerja dengan latar belakang beberapa kenaikan suku bunga oleh bank sentral pada tahun 2022 yang bertujuan untuk menekan inflasi.

Dengan inflasi yang masih jauh dari target Fed 2%, dan ekonomi mempertahankan sebagian besar kekuatannya, pelaku pasar uang telah merevisi ke atas di mana mereka melihat suku bunga dana Fed memuncak - saat ini di 5,35% di bulan Juli dan bertahan di dekat level tersebut sepanjang tahun. "Hari ini, realisasinya adalah bahwa Fed tidak main-main tentang lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama, dan faktanya mungkin sedikit lebih tinggi untuk sedikit lebih lama," kata Carol Schleif, kepala investasi di BMO.

Saham AS memiliki awal yang optimis untuk tahun ini setelah penampilan tahunan terburuk mereka dalam lebih dari satu dekade pada tahun 2022, karena investor berharap siklus kenaikan suku bunga bank sentral mendekati akhir. Kepositifan seperti itu membuat pasar ekuitas rentan terhadap kemunduran, ketika data merusak ekspektasi tersebut. "Pasar terus mencari poros dovish, dan mereka tidak akan mendapatkannya," kata Schleif.

Investor akan melihat risalah yang merinci diskusi pada pertemuan kebijakan terakhir Fed, yang dijadwalkan pada hari Rabu, untuk petunjuk lebih lanjut tentang sikap bank sentral terhadap suku bunga. Di antara mereka yang terkena penurunan yang meluas pada hari Selasa adalah saham teknologi besar, dengan Tesla Inc (TSLA.O), Amazon.com Inc (AMZN.O), Microsoft Corp (MSFT.O) dan Google-parent Alphabet Inc (GOOGL.O) semuanya jatuh antara 2,1% dan 5,3%.

Adapun yang tidak membantu mereka adalah fakta bahwa catatan Treasury 10 tahun AS mencapai level tertinggi baru dalam tiga bulan. Hasil yang lebih tinggi biasanya membebani saham pertumbuhan, yang valuasinya cenderung didasarkan pada keuntungan masa depan yang di diskon besar-besaran karena tarifnya semakin tinggi.

Indeks semikonduktor (.SOX) juga terpengaruh, turun 3,3%. Disisi lain, Home Depot Inc (HD.N) merosot 7,1% ke level terendah tiga bulan setelah rantai perbaikan rumah domestik No. 1 memperingatkan melemahnya permintaan dan mengeluarkan perkiraan laba masam untuk tahun 2023.



Saingan yang lebih kecil, Lowe's Cos Inc (LOW.N) turun 5,1% menjelang hasilnya minggu depan. Walmart (WMT.N) memperkirakan pendapatan setahun penuh di bawah perkiraan dan menggambarkan gambaran suram inflasi makanan yang lebih panas dari perkiraan menekan margin keuntungan. Namun, pengecer terbesar di dunia naik 0,6%.

Semua dari 11 sektor utama S&P 500 jatuh, dengan penurunan indeks discretionary konsumen (.SPLRCD) 3,3% memimpin. Volume di bursa AS adalah 11 miliar saham, dibandingkan dengan rata-rata 11,62 miliar untuk sesi penuh selama 20 hari perdagangan terakhir. S&P 500 membukukan dua tertinggi baru dalam 52 minggu dan satu terendah baru; Nasdaq Composite mencatat 57 tertinggi baru dan 112 terendah baru.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1433 seconds (0.1#10.140)