Wall Street Dibayangi Laporan Pendapatan Ritel AS Imbas Inflasi

Senin, 20 Februari 2023 - 07:10 WIB
loading...
Wall Street Dibayangi Laporan Pendapatan Ritel AS Imbas Inflasi
Wall Street dibayangi pendapatan peritel besar yang menguji penguatan pasar saham AS. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Wall Street dibayangi pendapatan peritel besar yang menguji penguatan pasar saham AS. Investor menunggu kinerja belanja konsumen dan dampak inflasi terhadap keuntungan perusahaan.

Mengutip Reuters, Walmart (WMT.N) dan Home Depot (HD.N) akan melaporkan dalam minggu mendatang dengan peritel terkenal lainnya termasuk Best Buy (BBY.N) dan Lowe's (LOW.N) di minggu berikutnya.

Hal itu akan menunjukkan bagaimana nasib konsumen di tengah melonjaknya harga akan menjadi faktor penting bagi sejumlah investor untuk lebih percaya diri bahwa ekonomi akan mampu menghindari penurunan parah bahkan saat Federal Reserve terus menaikkan suku bunga untuk meredam inflasi.



Salah satu tanda ketahanan ekonomi datang dalam seminggu terakhir, ketika data bulanan menunjukkan penjualan ritel AS meningkat paling tinggi dalam hampir dua tahun di bulan Januari.

“Angka penjualan ritel cukup kuat, dan kami ingin melihat konfirmasi itu datang dari para pengecer itu sendiri,” kata Paul Nolte, ahli strategi pasar di Murphy dan Sylvest Wealth Management.

Nolte sedang mempertimbangkan untuk membeli saham pengecer perbaikan rumah yang terpukul keras pada tahun 2022 karena pasar perumahan kesulitan. Saham telah naik meskipun pendapatan kuartal keempat mengecewakan yang membuat perusahaan S&P 500 berada di jalur yang tepat untuk membukukan penurunan laba 2,8% dari periode tahun lalu, menurut Refintiv IBES.

Perusahaan lain yang akan melaporkan minggu depan termasuk perusahaan chip Nvidia (NVDA.O), pembuat vaksin COVID-19 Moderna (MRNA.O) dan perusahaan e-commerce eBay (EBAY.O). S&P 500 telah naik 6,5% sejauh ini pada tahun 2023 pada hari Kamis, dengan saham bangkit kembali dari kinerja yang brutal tahun lalu.

Saham ritel telah menghasilkan pengembalian yang beragam sejauh ini di tahun 2023. SPDR S&P Retail ETF (XRT.P), yang memberi bobot pada perusahaan kecil dan besar secara merata, telah melonjak 17% tahun ini. Tetapi kinerjanya kurang cerah untuk beberapa perusahaan terbesar.

Saham Walmart, pengecer terbesar di dunia berdasarkan penjualan, hanya naik 1,7% pada tahun 2023, sementara saham Home Depot, rantai perbaikan rumah AS teratas, juga naik 1,7%. Kedua perusahaan akan melaporkan pada hari Selasa dan akan "mengatur panggung untuk semua orang," menurut analis ritel JPMorgan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1738 seconds (0.1#10.140)