Dukungan 15 K/L Percepat Pembangunan Sistem Logistik Nasional yang Efisien

Rabu, 22 Februari 2023 - 21:41 WIB
loading...
Dukungan 15 K/L Percepat Pembangunan Sistem Logistik Nasional yang Efisien
Penataan ekosistem logistik nasional dilakukan untuk meningkatkan kemudahan dalam pelayanan publik di bidang logistik. Foto/SINDOnews/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Pemerintah memacu pemulihan ekonomi dari pandemi Covid-19 sembari terus berupaya meningkatkan daya saing perekonomian nasional. Salah satunya melalui Ekosistem Logistik Nasional atau National Logistic Ecosystem (NLE).

Penataan NLE terus dilakukan untuk meningkatkan kemudahan dalam pelayanan publik di bidang logistik. Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana menerangkan, NLE merupakan ekosistem logistik nasional yang menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen internasional sejak kedatangan sarana pengangkut hingga barang tiba di gudang dan sebaliknya.

Berdasarkan Inpres 5 Tahun 2020, penataan NLE mengacu pada empat pilar yaitu simplifikasi proses bisnis pemerintah, kolaborasi platform logistik, kemudahan dan fasilitas pembayaran, serta tata ruang kepelabuhan. NLE diharapkan mampu mendorong biaya logistik yang kompetitif dan transparansi layanan-layanan logistik.

"Penataan NLE menjadi wujud kehadiran negara dalam rangka meningkatkan efisiensi dan simplifikasi layanan kepada dunia usaha, sehingga dapat tercipta iklim logistik yang lebih baik dan mendukung pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya, Rabu (22/2/2023).

Menurut dia, sinergi dan kolaborasi antarsistem kementerian/lembaga yang terintegrasi akan mampu mewujudkan ekosistem logistik digital dan mendorong biaya logistik yang kompetitif yang manfaatnya dapat dirasakan oleh para pelaku usaha.

Hatta menyebut, saat ini pembangunan dan penyempurnaan sistem teknologi informasi yang menjadi tulang punggung NLE terus dilakukan.

Di sektor layanan logistik pemerintahan, NLE hadir dengan layanan Single Subsmission (SSm) yang mencakup SSm Pabean Karantina, SSm Pengangkut, dan SSm Perizinan.

Layanan-layanan lainnya yang menjadi bagian dari program NLE yaitu DO Online, SP2 Online, Autogate/Gate System, Single Truck ID (STID). Sedangkan beberapa sistem pendukung lainnya masih dalam tahap pengembangan.



Dengan dukungan lebih dari lima belas kementerian/lembaga (K/L), sambung Hatta, potensi membangun sistem layanan logistik nasional yang lebih efisien terasa semakin terbuka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2136 seconds (0.1#10.140)