Dongkrak Ekonomi, Jokowi Minta Gelaran Event di Daerah Tidak Dihambat

Kamis, 23 Februari 2023 - 12:17 WIB
loading...
Dongkrak Ekonomi, Jokowi Minta Gelaran Event di Daerah Tidak Dihambat
Presiden Jokowi meminta agar event di daerah tidak dihambat untuk mendorong perekonomian. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta gelaran event di daerah tidak dihambat untuk mendorong perekonomian. Tahun ini, setidaknya ada 3.000 event olahraga dan seni memiliki nilai yang bagus untuk ekonomi.

"Saya sudah titip ke Kapolri dan sekarang saya ketemu gubernur, wakil gubernur, dan sekda untuk izin-izin masalah ini jangan ada yang dihambat," ucap Jokowi dalam arahannya kepada Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), di Balikpapan, Kalimantan Utara, Kamis (23/2/2023).



Menurut dia event-event daerah akan mendorong belanja masyarakat. Ekonomi bergeliat karena uang beredar untuk nonton konser, nonton sepakbola, atau entah makan di warung, PKL, belanja kaos, atau event olahraga.

"Problemnya setelah saya ketemu bersama EO itu kecepatan kita memberi izin itu sangat kurang. 2 hari sebelum hari H, izin baru keluar, 3 hari sebelum hari H izin baru keluar, saya sudah perintahkan Kapolri izin sebulan sebelumnya sudah harus keluar, syukur bisa 2 bulan sebelumnya, sehingga yang memiliki acara bisa mempromosikan acara dengan baik, bukan 2 hari sebelumnya," tegas Jokowi.

Dia mengatakan bahwa baru 2 hari yang lalu hal tersebut disepakati. Sehingga, dia meminta pemda yang berwenang memberi izin, disampaikan agar juga sebulan sebelumnya.

"Juga yang berkaitan dengan wisata desa, wisata di daerah itu dibuka, jangan lagi ada yang mengerem masalah itu. Ini juga menyangkut belanja konsumsi masyarakat konsumsi rumah tangga, hati-hati mengenai ini, kelihatannya sepele tapi jangan sampai Rp690 triliun itu tetap ngendon ditabung di bank. Tidak baik untuk pertumbuhan ekonomi," tegasnya.



Dia berpesan pada Pemda agar memperbaiki dan mempromosikan yang namanya wisata di kampung, di desa, dan di daerah. Dia juga minta dipromosikan agar masyarakat datang ke tempat itu untuk membelanjakan uangnya, sehingga juga mendorong UMKM yang berjualan di situ agar masyarakat belanja sebanyak-banyaknya.

"Rumusnya justru kita dorong masyarakat untuk belanja, bukan hemat saat ini, karena kita membutuhkan pertumbuhan ekonomi tetap terjaga dan kalau bisa justru naik," pungkas Jokowi.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1979 seconds (0.1#10.140)