Daftar 10 Ekonomi Terbesar di Eropa Usai Diuji Perang Rusia Ukraina

Kamis, 23 Februari 2023 - 22:16 WIB
loading...
Daftar 10 Ekonomi Terbesar di Eropa Usai Diuji Perang Rusia Ukraina
Daya tarik investasi Eropa saat ini diuji oleh perubahan iklim geopolitik dan ekonomi, yang sebagian besar merupakan hasil dari perang Rusia Ukraina. Foto/Dok
A A A
BRUSSELS - Eropa menjadi salah satu kontributor terpenting bagi ekonomi global, yang mewakili lapangan kerja, daya saing dan pertumbuhan di seluruh dunia. Perubahan sosial ekonomi dalam beberapa tahun terakhir telah menghadirkan banyak peluang baru bagi investor internasional serta individu yang terampil dan berbakat dari seluruh dunia.



Pada saat yang sama, daya tarik investasi Eropa saat ini diuji oleh perubahan iklim geopolitik dan ekonomi, yang sebagian besar merupakan hasil dari perang Rusia Ukraina . Namun, benua Biru -julukan Eropa- tersebut tetap menjadi rumah bagi beberapa negara paling kuat dan makmur di planet ini.

Menurut Survei tahunan Daya Tarik Eropa EY yang terbaru, daya tarik Eropa untuk FDI (Foreign Direct Investment) - yaitu sebuah investasi atau penanaman modal yang berasal dari pihak luar negeri atau asing- telah mulai membaik setelah epidemi COVID-19. Dimana ada peningkatan 5% dalam jumlah proyek yang diluncurkan pada tahun 2021 dibandingkan dengan tahun 2020.



Meskipun ada beberapa tantangan, daya tarik jangka panjang Eropa masih kuat dengan 64% responden investor melihat peningkatan daya tarik itu selama tiga tahun berikutnya. Pasar FDI teratas adalah Prancis, Jerman, dan Inggris, yang prospek ekonomi dan sektor pertumbuhannya telah berubah secara dramatis.

Berikut daftar 10 ekonomi terbesar di Eropa saat ini:

10. Finlandia

PDB rata-rata 5Y (2017-2021): USD274,2 miliar

Tingkat pertumbuhan PDB rata-rata 5Y (2017-2021): 1,34%

Guna menarik lebih banyak profesional asing, Finlandia mengambil langkah-langkah memberikan kemudahan bagi karyawan berkualitas tinggi, bisnis pemula, pelajar dan peneliti untuk memasuki negara itu.

Pada tanggal 1 Juni, prosedur jalur cepat baru dan visa D nasional jangka panjang diumumkan sebagai kebijakan paling baru. Proses pengajuan izin tinggal melalui aplikasi online di bawah kebijakan jalur cepat ditargetkan bagi para profesional berkualifikasi tinggi, pengusaha pemula dan keluarga mereka akan selesai dalam 14 hari.

Selain itu pemerintah Finlandia turut memperkenalkan program Finlandia 90 Hari untuk Profesional dari seluruh dunia. Kesempatan luar biasa ini dimaksudkan untuk memajukan jaringan profesional mereka di Helsinki dan membantu mereka dalam memperluas bisnis.

Program Sirip 90 Hari memungkinkan individu asing mendapat dukungan dari tim konsultan bisnis lokal yang berpengetahuan luas saat mereka membantu orang asing untuk berhasil di Finlandia.

Dalam IMD World Talent Ranking, Finlandia naik dari posisi kedelapan menjadi peringkat keenam baru-baru ini, menempati posisi ke-11 dalam Investasi & Pengembangan, ke-11 dalam Banding, dan keempat dalam faktor Kesiapan. Kinerjanya lebih baik dalam indeks seperti motivasi pekerja.

Dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, ketika naik USD373.4 juta, FDI Finlandia meningkat sebesar USD291.5 juta pada November 2022. Nordea Bank tetap menjadi perusahaan terbesar dengan kapitalisasi pasar USD42,63 miliar, diikuti oleh Neste dengan nilai kapitalisasi pasar mencapai USD38,04 miliar.

9. Denmark

PDB rata-rata 5 Y (2017-2021): USD357,8 miliar

Tingkat pertumbuhan PDB rata-rata 5Y (2017-2021): 1,9%

Denmark berada di posisi kelima dalam IMD World Talent Ranking. Lalu berada di urutan kedua dalam Investasi & Pengembangan dan kedelapan dalam hal Kesiapan, tetapi mereka ada di urutan ke-17 dalam Banding, kinerjanya terasa kurang mengesankan.

Diberikan prioritas utama dalam hal ketersediaan manajemen senior, keterlibatan staf, akuisisi dan retensi bakat, hingga pelatihan karyawan.

Pada September 2022, Investasi Asing Langsung (FDI) Denmark meningkat sebesar 6,5% dari PDB nominal negara itu, naik dari 3,9% pada kuartal sebelumnya. Pada April 2022, pemasok kotak surat digital E-Boks A/S memiliki omzet terbesar di antara pebisnis Denmark, menghasilkan lebih dari 231 miliar kroner Denmark atau setara USD33.8 miliar.

Glunz & Jensen Holding A/S, sebuah perusahaan prepress, berada di urutan kedua dengan pendapatan hampir 196 miliar kroner yang setara dengan USD28.64 miliar.

8. Norwegia

PDB rata-rata 5 Y (2017-2021): USD416,99 miliar

Tingkat pertumbuhan PDB rata-rata 5Y (2017-2021): 1,5%

Di IMD World Talent Ranking, dengan peringkat kelima dalam Investasi & Pengembangan, kesembilan dalam Banding, dan keempat belas dalam Kesiapan, Norwegia mempertahankan posisi keempat secara keseluruhan.

Ini pertama kalinya dalam hal ketersediaan pekerja terampil, kedua dalam hal ketersediaan keterampilan keuangan, keempat dalam hal efek brain drain, dan kelima dalam hal total pengeluaran publik untuk pendidikan per siswa dan rasio siswa-guru di tingkat indikator (pendidikan dasar).

Norwegia mencetak kenaikan FDI sebesar USD4,3 miliar pada September 2022 dibandingkan dengan USD8,8 miliar pada kuartal sebelumnya. Pada Desember 2022, Visolit AS adalah bisnis dominan di sektor layanan informasi Norwegia, dengan laba bersih hampir 1,9 miliar kroner Norwegia atau USD192 juta. Dengan laba bersih lebih dari 727 juta kroner Norwegia atau USD73,5 juta, Finn No AS berada di urutan kedua.

7. Swedia

PDB rata-rata 5Y (2017-2021): USD559,9 miliar

Tingkat pertumbuhan PDB rata-rata 5Y (2017-2021): 1,7%

Sejak awal 2022, Swedia telah mencatat lebih dari 29.000 aplikasi untuk izin kerja pertama kali. Ini menunjukkan bahwa Swedia sudah menjadi tujuan yang diinginkan bagi karyawan. Peraturan migrasi tenaga kerja baru telah berlaku di Swedia sejak 1 Juni 2022.

Dalam peraturan tersebut mencakup pengenalan kebutuhan akan kontrak kerja dan permintaan agar bisnis mengungkapkan setiap perubahan pada kondisi kerja. Pemerintah juga dapat meminta pemberi kerja untuk melaporkan kondisi kerja dan melakukannya jika keadaan kontrak kerja telah berubah menjadi lebih buruk di bawah peraturan baru.

Pengusaha yang menolak untuk memberikan informasi yang diminta oleh pemerintah tentang kondisi kerja dapat didenda. Selain itu, migrasi keluarga yang terkait dengan persyaratan pemeliharaan tenaga kerja asing diterapkan dan pengusaha tidak disarankan untuk mengusir karyawan karena kesalahan kecil.

Swedia mempertahankan posisi kedua dengan peringkat baik di Banding (kedua), Kesiapan (keenam), dan Investasi & Pengembangan (kedua), tetapi kurang begitu baik di kategori lain. Mereka mencapai peringkat terbesarnya, berada di urutan kedua dalam paparan polusi partikel dan efek brain drain.

Swedia melihat adanya peningkatan FDI sebesar USD3,7 miliar pada September 2022 dibandingkan dengan USD16,8 miliar pada kuartal sebelumnya. Pada 15 November 2022, Investor AB (kapitalisasi pasar USD57.1 miliar) adalah perusahaan teratas Swedia berdasarkan kapitalisasi pasar.

Atlas Copco adalah perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar kedua pada saat itu, berada di belakang Investor AB dengan penilaian pasar sekitar 54,8 miliar dolar.

6. Swiss

PDB rata-rata 5Y (2017-2021): USD747,4 miliar

Tingkat pertumbuhan PDB rata-rata 5Y (2017-2021): 1,4%

Dewan Federal, badan eksekutif pemerintah federal di Swiss, menyetujui serangkaian kebijakan pada Maret 2022 untuk mempermudah perekrutan pekerja yang memenuhi syarat dari negara-negara non-UE. Langkah ini penting dalam upaya untuk membuat prosedur administrasi lebih sederhana bagi pengusaha dan untuk meningkatkan ekonomi.

Berdasarkan peraturan baru ini, pengusaha mungkin tidak perlu melakukan tes pasar tenaga kerja di daerah-daerah di mana ada kekurangan tenaga kerja terampil. Selain itu, pemeriksaan latar belakang akademik juga dilakukan di sektor-sektor dengan tenaga kerja berketerampilan rendah.

Namun, pelamar harus membuktikan pengalaman kerja sebelumnya di sektor yang sama. Selanjutnya, pemegang gelar pendidikan tinggi seperti master atau doktor akan diizinkan untuk tinggal dan bekerja di negara tersebut terlepas dari negara asal mereka.

Kedua inisiatif ini mungkin menguntungkan ekonomi Swiss dengan mendorong kaum muda untuk tinggal di negara itu setelah menyelesaikan studi mereka. Lalu dengan memudahkan perusahaan untuk mempekerjakan warga negara non-UE untuk posisi yang tidak terisi.

Dalam IMD World Talent Ranking, Swiss menempati peringkat pertama dalam Kesiapan, kedua dalam Banding, dan pertama dalam Investasi & Pengembangan.

Mereka juga memimpin terkait pelaksanaan program magang yang efisien, perekrutan pekerja asing yang sangat terlatih, dan aksesibilitas manajer dengan pengalaman dan pengetahuan keuangan di seluruh dunia. Dalam hal penekanan sektor swasta pada pelatihan karyawan, tingkat motivasi tenaga kerja, dan aksesibilitas keterampilan bahasa, Swiss berada di urutan kedua.

Peningkatan Investasi Asing Langsung (FDI) juga terjadi di Swiss yang tercatat sebesar USD6,6 miliar pada September 2022 dibandingkan dengan USD7,3 miliar pada kuartal sebelumnya.

Berdasarkan kapitalisasi pasar, Nestle menjadi perusahaan terbesar di Swiss per 15 November 2022, dengan penilaian pasar lebih dari USD319 miliar. Roche dan Novartis, dua perusahaan farmasi, berada di urutan berikutnya, dengan kapitalisasi pasar masing-masing USD273,8 dan USD179,5 miliar.

5. Belanda

PDB rata-rata 5Y (2017-2021): USD917,996 miliar

Tingkat pertumbuhan PDB rata-rata 5Y (2017-2021): 1,7%

Imigran dengan keterampilan tinggi yang tidak memerlukan visa jangka panjang (MVV) sekarang dapat mulai bekerja di Belanda, bahkan jika izin tinggal mereka belum tersedia. Hal ini diumumkan oleh Dutch Immigration and Naturalization Service (IND) pada Agustus 2022.

Aturan baru ini meskipun jangka pendek, telah memungkinkan gelombang baru tenaga kerja terampil untuk pindah ke negara itu. Kebijakan tersebut diberlakukan mulai 22 Juni 2022 hingga 22 Januari 2023.

Belanda melihat kenaikan FDI sebesar USD24,0 miliar pada September 2022 dibandingkan dengan USD23,2 miliar pada kuartal sebelumnya. Berdasarkan nilai pasar, ASML adalah perusahaan terbesar per 15 November 2022.

Pada saat itu, ASML memiliki nilai pasar hampir USD229,5 miliar, sementara Prosus berada di belakang dengan kapitalisasi pasar sekitar USD118,8 miliar.

4. Spanyol

PDB rata-rata 5 Y (2017-2021): USD1.366,7 miliar

Tingkat pertumbuhan PDB rata-rata 5Y (2017-2021): 0,33%

Mengatasi kekurangan tenaga kerja, pemerintah Spanyol memperkenalkan peraturan baru pada akhir 2022. Pekerja asing akan diizinkan untuk bekerja pada sektor yang permintaannya rendah di Spanyol. Siswa akan diizinkan untuk bekerja lebih dari 20 jam per minggu.

Selain itu, siswa yang telah menyelesaikan studi mereka dapat memiliki waktu 12 bulan yang diperpanjang untuk mencari pekerjaan sambil tinggal di negara tersebut. Pekerja musiman akan diberikan izin empat tahun oleh pemerintah untuk bekerja hingga sembilan bulan setiap tahun.

Selanjutnya sebagai bagian dari Undang-Undang Startup baru, yang diharapkan akan disahkan pada 2023, Spanyol bermaksud untuk memperkenalkan visa Digital Nomad untuk karyawan asing dengan sistem kerja jarak jauh.

Pada bulan Desember tahun lalu, Jaminan Sosial Spanyol mencatat ada 2.500.677 individu internasional, yang menunjukkan bahwa ada 14.780 lebih banyak karyawan asing bekerja di Spanyol daripada pada bulan November, sehingga kelompok ini menjadi 194.013 sepanjang tahun 2022.

Berbeda dengan penurunan bulan sebelumnya sebesar USD2,2 miliar, Investasi Asing Langsung (FDI) Spanyol naik USD1,4 miliar pada Oktober 2022. Mempertimbangkan perusahaan terbesar di negara ini, Inditex mengamankan tempat ke-1 dengan kapitalisasi pasar USD96.04 miliar diikuti oleh Iberdrola dengan kapitalisasi pasar USD71.69 miliar.

3. Italia

PDB rata-rata 5Y (2017-2021): USD2.011,5 miliar

Tingkat pertumbuhan PDB rata-rata 5Y (2017-2021): 0,142%

Italia memiliki 5,2 juta penduduk asing per 1 Januari 2022, termasuk dari dalam UE dan luar Uni Eropa, menempatkannya sedikit di atas rata-rata untuk seluruh Eropa (8,4%). Spanyol (11,3%) dan Jerman (12,7%) berada di urutan berikutnya.

Peningkatan populasi asing telah melambat dalam beberapa tahun terakhir sebagai akibat dari dekrit, yang membatasi imigrasi ke Italia, serta sejumlah besar kewarganegaraan baru yang diberikan.

Karena kurangnya orang-orang terampil di beberapa sektor, Kementerian Dalam Negeri menyatakan, pada tahun 2022, bahwa mereka akan segera menerbitkan peraturan baru yang akan membuka 75.000 tempat kuota untuk izin kerja. Jumlah ini lebih banyak dari jumlah sebelumnya yaitu 69.700 kuota yang tersedia pada 2021-2022.

Karena pekerja yang sangat terampil dibebaskan dari mendapatkan kuota, keputusan ini akan menguntungkan pekerja tidak terampil, aplikasi visa startup, dan warga negara asing yang mengubah izin Italia yang ada menjadi izin kerja. Pengusaha juga akan mendapat manfaat dengan terbukanya kesempatan untuk mempekerjakan lebih banyak pekerja asing untuk mengisi kesenjangan keterampilan.

Pada November 2022, Enel memiliki nilai pasar lebih dari 53.92 miliar dolar, hingga menjadikannya perusahaan terbesar di Italia. Dengan kapitalisasi pasar sekitar 52 dan 43 miliar dolar, ENI dan Intesa Sanpaolo masing-masing adalah perusahaan terbesar kedua dan ketiga.

2. Prancis

PDB rata-rata 5 Y (2017-2021): USD2.736,6 miliar

Tingkat pertumbuhan PDB rata-rata 5Y (2017-2021): 1,02%

Meskipun memiliki PDB yang tinggi, pemerintah Prancis menghadapi kesulitan dalam menarik pekerja terampil. Prancis telah mengkompensasi hal ini dengan menggabungkan banyak lisensi kerja untuk orang-orang yang sangat terlatih menjadi satu.

Dengan izin baru ini, atau yang dikenal sebagai Passeport Talent, 10 kategori migran tenaga kerja sekarang dapat bertahan hingga empat tahun. Kartu ini juga berlaku untuk orang asing yang telah memperoleh gelar lanjutan di Prancis.

Izin tersebut meskipun efeknya sulit untuk dinilai, dapat secara signifikan meningkatkan daya tarik Prancis kepada karyawan asing jika pemerintah mendukung dan mempromosikannya dengan benar. Lebih tepatnya, karena diberikan oleh konsulat (dan prefektur untuk transfer pekerjaan) daripada di tingkat regional, efektivitasnya juga akan tergantung pada koordinasi kebijakan antar-kementerian, mendidik perusahaan dan menghubungkan mereka dengan bakat asing.

Menurut EY, investasi di Prancis meningkat setelah COVID-19 mencapai 24% menjadi 1.222 proyek pada tahun 2021, dibandingkan dengan 985 proyek pada tahun sebelumnya. Hal ini menjadikan Prancis sebagai negara yang paling menarik dalam hal investasi asing pada tahun 2021.

Foreign Direct Investment (FDI) di Prancis naik USD6,2 miliar pada November 2022 dibandingkan dengan USD5,0 miliar pada bulan sebelumnya.

Pada November 2022, LVMH memegang posisi teratas di Prancis dalam hal nilai pasar, dengan kapitalisasi pasar lebih dari 366,3 miliar dolar. Menyusul setelah itu adalah L'Oréal dan Hermes, yang kapitalisasi pasarnya masing-masing 192,9 dan 159,1 miliar dolar.

1. Jerman

PDB rata-rata 5 Y (2017-2021): USD3.925,2 miliar

Tingkat pertumbuhan PDB rata-rata 5Y (2017-2021): 0,63%

Pada akhir 2022, pemerintah Jerman memperkenalkan peraturan visa baru untuk menarik lebih banyak pekerja terampil dari luar perbatasan. Sementara untuk memudahkan orang asing bekerja di Jerman, negara ini berniat mengubah undang-undang imigrasinya.

Menteri Luar Negeri Federal, Annalena Baerbock menyatakan pada konferensi pers yang diadakan di Kantor Federal untuk Urusan Luar Negeri (BfAA) pada 17 Januari 2023, bahwa memodernisasi prosedur visa dibutuhkan. Dia menekankan penyederhanaan sistem dan meningkatkan digitalisasi serta efisiensi.

Sistem baru yang diperkenalkan pada November 2022, dikenal sebagai "Chancenkarte" dan akan menggunakan sistem berbasis poin untuk memudahkan orang-orang dengan keterampilan yang diperlukan untuk memasuki Jerman.

Sistem berbasis poin akan mempertimbangkan kredensial kandidat, riwayat kerja, dan kemahiran bahasa di antara faktor-faktor lainnya. Peraturan baru ini akan menarik bakat asing, terutama dari dunia ketiga, ke negara tersebut.

Menurut IMD World Talent Ranking 2022, Jerman berada di posisi ke-10 di antara 63 negara. Raihan ini turun dua peringkat dalam Kesiapan dan satu tempat di Investasi & Pengembangan, menempatkannya ke-12 secara keseluruhan di kedua kategori.

Sebaliknya, Jerman naik dari posisi kesembilan ke posisi kedelapan di Appeal. Jerman melakukannya dengan agak buruk dalam kategori Investasi & Pengembangan lainnya, meskipun menempati urutan kedua dalam adopsi magang.

Pada bulan September 2022, Investasi Asing Langsung (FDI) Jerman meningkat sebesar 2,3% dari PDB nominal negara, naik dari 1,4% pada kuartal sebelumnya. Pada November 2022, Foreign Direct Investment (FDI) tumbuh sebesar USD14,5 miliar.

2 perusahaan teratas di Jerman dengan kapitalisasi pasar terbesar termasuk SAP dengan kapitalisasi pasar USD127.28 miliar dan Siemens dengan kapitalisasi pasar USD102.04 miliar.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2021 seconds (0.1#10.140)