Guyon Sri Mulyani soal RS TNI-Polri: Kalau Keren Diem Aja!

Kamis, 02 Maret 2023 - 13:43 WIB
loading...
Guyon Sri Mulyani soal RS TNI-Polri: Kalau Keren Diem Aja!
Sri Mulyani mengapresiasi kinerja BLU kesehatan selama tiga tahun pandemi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkap rasa terima kasihnya kepada Badan Layanan Umum ( BLU ) Kesehatan yang selama tiga tahun ini sudah bekerja luar biasa keras menghadapi pandemi. Sri Mulyani juga mengungkap, capaian kerja BLU Kesehatan memanfaatkan anggaran dari pemerintah melalui APBN secara akuntabel.



Setiap tahun, pihaknya menyampaikan kepada publik berapa anggaran dari mulai pembelian vaksin, vaksinasi, perawatan, dan bahkan upgrade dari banyak rumah sakit (RS).

"Hikmah dari pandemi semoga semua BLU Kesehatan, terutama yang di TNI dan Polri ini, RS-nya jadi keren-keren sekarang, bener enggak Pak? Kalau lagi keren diem aja, kalau lagi butuh anggaran sering datang ke saya. Moga-moga nanti bisa disampaikan ke publik soal investasi kita di bidang kesehatan dalam mengupgrade dan membuat kesiapan kita untuk menghadapi perang terhadap pandemi luar biasa," jelas Sri dalam Rakor BLU 2023 di Jakarta, Kamis (2/3/2023).

Sri Mulyani menambahkan tiga tahun pandemi menjadi sebuah cobaan yang sangat dahsyat bagi seluruh negara di dunia. Dampaknya kepada masyarakat, kepada ekonomi, sosial, dan terutama di bidang kesehatan yang menjadi ujian utama dan pertama dari pandemi ini. Maka dari itu, proses pemulihan ekonomi tiap negara berbeda, tergantung dari kemampuan mengelola pandeminya dan kemampuan meramu kebijakan dalam memulihkan ekonomi.

"Indonesia alhamdulillah pulih relatif singkat dan kita termasuk dengan pertumbuhan tertinggi di antara negara-negara G20 maupun ASEAN. Nah itu tidak mungkin terjadi kalau tidak ada kontribusi dari BLU-BLU yang melakukan adjustment atau penyesuaian luar biasa keras dalam masa pandemi ini," ungkap Sri.

Satu, jelas bahwa BLU rumah sakit semuanya ada di frontline, lini terdepan. Pihak Kemenkeu mengeluarkan banyak sekali dari APBN, belanja untuk kesehatan selama pandemi.



"Itu semuanya yang mengelola anggarannya kita alokasikan Kementerian Kesehatan, namun mengalirnya adalah ke BLU-BLU rumah sakit yang paling banyak. Memang ada RS lain karena yang merawat para pasien Covid-19 tetap dibayar, akan tetapi battle ground-nya dan yang ada di lini depan dan diandalkan adalah BLU Kesehatan," pungkas Sri.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1808 seconds (0.1#10.140)