Dukung Mobilitas di IKN, Kemenhub Akan Bangun Kereta Dalam Kota

Sabtu, 04 Maret 2023 - 17:54 WIB
loading...
Dukung Mobilitas di IKN, Kemenhub Akan Bangun Kereta Dalam Kota
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membangun kereta jarak dekat untuk mendukung mobilitas masyarat di IKN. FOTO/Antara Photo/Indrianto Eko Suwarso
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membangun kereta jarak dekat untuk mendukung mobilitas masyarat di Ibu Kota Nusantara (IKN). Salah satu yang direncanakan, yaitu kereta dalam kota.

"Kami mengusulkan kereta api dengan roda ban seperti bis bisa berjalan di atas virtual line, sehingga nanti daya angkut memang tidak banyak hanya 50-100 orang," ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat berkunjung ke MNC Group, di Gedung iNews Tower, Jakarta, Jumat (3/3/2023).



Dia menjelaskan infrastruktur tersebut merupakan hasil kerja sama Kemenhub yang diusulkan kepada investor Jepang. Moda angkutan transportasi tersebut dikhususkan untuk mengakomodasi masyarakat di IKN untuk perpindahan dari satu tempat ke tempat lainnya dalam kawasan IKN. Sehingga nantinya jarak antara satu stasiun dengan stasiun lainnya tidak jauh.

Menhub mengungkapkan, skema investasi yang akan dilaksanakan adalah KPBU (Kerjasama Pemerintah Badan Usaha) melalui mekanisme availability payment, artinya pemerintah akan mengontrak cicilan dan jangka waktu tertentu sesuai dengan nilai investasi yang ditanam.



Tak hanya itu, Kemenhub mendapatkan bagian tugas untuk menggarap infrastruktur transportasi transportasi pelabuhan, infrastruktur kendaraan listrik, dan bandara.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2658 seconds (0.1#10.140)