4 Penyakit yang Paling Besar Sedot Biaya BPJS, Jantung Tertinggi Capai Rp10,3 Triliun

Senin, 06 Maret 2023 - 16:14 WIB
loading...
4 Penyakit yang Paling Besar Sedot Biaya BPJS, Jantung Tertinggi Capai Rp10,3 Triliun
4 penyakit dengan biaya BPJS Kesehatan terbesar. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Menteri PPN/ Bappenas ) Suharso Monoarfa mengungkapkan bahwa ada 4 jenis penyakit mematikan yang banyak menyedot dana BPJS Kesehatan. Diantaranya penyakit jantung, kanker, stroke dan gagal ginjal.

"Ada 4 penyakit dengan beban pembiayaan BPJS yang terbesar, yaitu jantung Rp10,3 triliun, kanker Rp3,5 triliun, stroke Rp2,5 triliun, dan gagal ginjal Rp2,3 triliun," kata Suharso dalam keterangannya yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, dikutip Senin (6/3/2023).



Menurutnya, ada peningkatan penyerapan anggaran dari ke 4 jenis penyakit tersebut meskipun jumlah kasusnya tidak terlalu tinggi.
"Ada peningkatan pelayanan terhadap penyakit katastropik, yaitu penyakit berat yang fatality (kematian) tinggi, sekalipun insidensinya tidak terlalu tinggi,"

Suharso juga menjelaskan, kanker jadi penyakit yang banyak diidap perempuan. Pihaknyapu telah mengusulkan kepada Kementerian Kesehatan untuk membeli Mammografi, yang jadi salah satu cara deteksi dini kanker payudara.



"Salah satu program, misalnya yang diusulkan Bappenas ke Kemenkes, disepakati Kemenkes yaitu membelikan alat Mammografi sehingga ibu-ibu di seluruh Indonesia bisa mendapatkan pelayanan pemeriksaan yang lebih awal," tuturnya.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1206 seconds (0.1#10.140)