Tetap Jalin Hubungan dengan Rusia, Bank Austria Raiffeisen Diawasi AS

Selasa, 07 Maret 2023 - 01:26 WIB
loading...
Tetap Jalin Hubungan dengan Rusia, Bank Austria Raiffeisen Diawasi AS
Otoritas sanksi Amerika Serikat (AS) telah meluncurkan penyelidikan terhadap Raiffeisen Bank International (RBIV.VI) atas bisnisnya yang terkait dengan Rusia. Foto/Dok
A A A
WINA - Otoritas sanksi Amerika Serikat (AS) telah meluncurkan penyelidikan terhadap Raiffeisen Bank International (RBIV.VI) atas bisnisnya yang terkait dengan Rusia . Pihak AS meningkatkan pengawasan di tengah dugaan bahwa pemberi pinjaman Austria itu memainkan peran penting dalam ekonomi Rusia.



Menanggapi pertanyaan dari Reuters, bank mengatakan telah menerima permintaan dari Kantor Kontrol Aset Luar Negeri (OFAC) Departemen Keuangan AS pada Januari untuk "mengklarifikasi bisnis pembayaran dan proses terkait yang dikelola oleh RBI sehubungan dengan perkembangan terbaru terkait Rusia dan Ukraina."

"OFAC telah meminta Raiffeisen untuk rincian paparannya di Rusia, Donbas, Ukraina dan Suriah yang sebagian diduduki, termasuk tentang transaksi dan aktivitas klien tertentu," kata seorang sumber kepada Reuters.



Badan AS telah meminta balasan pada Februari, kata orang itu. Dimana Ia juga menambahkan, bahwa pengacara Raiffeisen menegosiasikan perpanjangan, dan berjanji untuk menjawab pertanyaan dalam tiga tahap informasi yang akan dikirim pada awal April, Mei dan Juni.

Seorang juru bicara Departemen Keuangan AS menolak berkomentar seperti dilansir Reuters. Namun Raiffeisen mengatakan kepada Reuters dalam sebuah pernyataan, bahwa mereka siap bekerja sama sepenuhnya dengan OFAC dan bakal memenuhi permintaan terkait transaksi atau bisnis tertentu.

Ditekankan juga pihaknya memiliki proses untuk memastikan kepatuhan terhadap sanksi. Seorang juru bicara mengatakan, pihaknya "yakin bahwa bakal memberikan informasi yang dibutuhkan kepada OFAC, diterangkan juga olehnya bahwa pertanyaan yang diajukan bersifat 'umum'.

Raiffeisen belum pernah dikenai sanksi di masa lalu, tetapi permintaan informasi pada bulan Januari mengkhawatirkan regulator keuangan Eropa yang bertanggung jawab atas pengawasan bank. Pasalnya pada akhirnya dapat menyebabkan hukuman terhadap Raiffeisen, kata dua orang dengan pengetahuan langsung tentang masalah ini.

Raiffeisen sangat tertanam dalam sistem keuangan Rusia dan merupakan salah satu dari hanya dua bank asing dalam daftar 13 "lembaga kredit yang penting secara sistemik" buat bank sentral Rusia, menggarisbawahi pentingnya bagi ekonomi Rusia, yang bergulat dengan sanksi Barat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2542 seconds (0.1#10.140)