Cara Reschedule Tiket Pesawat Garuda, Syarat dan Biayanya

Selasa, 07 Maret 2023 - 08:40 WIB
loading...
Cara Reschedule Tiket Pesawat Garuda, Syarat dan Biayanya
Cara reschedule tiket pesawat Garuda beserta syarat dan prakiraan biayanya perlu diketahui oleh calon penumpang. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Cara reschedule tiket pesawat Garuda Indonesia beserta syarat dan prakiraan biayanya perlu diketahui oleh calon penumpang. Biaya tersebut termasuk kemungkinan adanya penalti alias denda yang dikenakan.

Seiring meredanya pandemi, antusiasme masyarakat untuk bepergian kembali meningkat. Hal ini jadi angin segar bagi industri penerbangan yang sempat terpuruk akibat pandemi.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memproyeksikan sebanyak 98,67 juta orang bepergian menggunakan pesawat pada tahun 2023 ini, untuk rute domestik maupun internasional.

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia menjadi salah satu pilihan masyarakat. Saat ini pemesanan tiketnya pun mudah dilakukan, baik melalui website resmi, Fly Garuda App, Contact Center Garuda Indonesia seluruh kantor penjualan Garuda Indonesia, gerai, dan agen perjalanan tertentu (online maupun offline).

Namun, jika karena sesuatu alasan menyebabkan calon penumpang tidak bisa terbang sesuai jadwal yang tertera di tiket, maka yang bersangkutan bisa mengajukan perubahan jadwal penerbangan atau reschedule.

Syarat dan Cara Reschedule Tiket

Melansir laman resmi Garuda Indonesia dan skyscanner.co.id, Selasa (7/3/2023), Garuda Indonesia menawarkan berbagai cara bagi calon penumpang untuk melakukan perubahan jadwal penerbangan.

Anda dapat mengajukan reschedule tiket melalui travel agent tempat Anda membeli tiket (cek dulu sebelum membeli karena tidak semua menawarkan layanan ini), kantor penjualan terdekat, atau melalui call center.

Terkait syarat untuk reschedule tiket, Anda tinggal menyiapkan kode booking atau nomor tiket, nama lengkap penumpang, rute, tanggal, dan jam penerbangannya.

Selain itu, untuk tiket pesawat rute domestik yang pemesanannya dilakukan langsung melalui situs resmi Garuda Indonesia atau Fly Garuda App, Anda dapat mengajukan reschedule melalui akun Anda di situs atau app tersebut. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka website Garuda Indonesia di www.garuda-indonesia.com, pilih menu "My Trip" pada pilihan menu sebelah kiri. Masukan kode booking dan nama belakang, lalu klik "Check".
2. Anda akan diarahkan ke halaman Booking Confirmation. Klik “Modify flights” untuk mengubah jadwal penerbangan.
3. Beri centang pada penerbangan yang ingin diubah, kemudian masukkan kriteria pencarian penerbangan yang baru dan klik “Continue”. Anda juga dapat memilih pencarian penerbangan berdasarkan harga atau jadwal.
4. Lihat opsi jadwal penerbangan dan pilih jadwal baru sesuai keinginan. Di sebelah kanan akan tercantum detail kekurangan biaya yang harus dibayarkan. Perbedaan harga & penalti mengacu pada ketentuan masing-masing sub class tiket.
5. Periksa kembali ringkasan detail biaya, serta jadwal penerbangan sebelum dan setelah perubahan yang Anda lakukan. Apabila sudah sesuai, klik tombol “Continue”.
6. Di halaman berikutnya, Anda dapat membaca penjelasan mengenai metode pengiriman e-tiket Anda dan metode pembayaran yang tersedia. Beri centang pada persetujuan “Syarat dan Ketentuan”, kemudian klik “Continue” untuk melanjutkan ke halaman pembayaran.
7. Pada halaman terakhir, Anda dapat memilih dan mengisi detail pada opsi pembayaran yang diinginkan.
8. Setelah pembayaran berhasil, akan tampil informasi mengenai perubahan jadwal yang sudah terkonfirmasi.

Adapun untuk penerbangan internasional atau tiket yang dibeli selain melalui website Garuda Indonesia atau Fly Garuda App, perubahan jadwal dapat dilakukan melalui Contact Center 24-Jam Garuda Indonesia (0804 1 807 807 atau 021 2351 9999) dan Kantor Penjualan Garuda Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1529 seconds (0.1#10.140)