35 Ribu Unit Mobil Listrik Dapat Subsidi, Penikmatnya APM dari China dan Korea

Jum'at, 10 Maret 2023 - 16:12 WIB
loading...
35 Ribu Unit Mobil Listrik Dapat Subsidi, Penikmatnya APM dari China dan Korea
2 APM akan menikmati subsidi mobil listrik. Foto/Ilustrasi/YudistiroPranoto/MPI
A A A
JAKARTA - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, subsidi kendaraan listrik akan diumumkan pada 20 Maret 2023 mendatang. Subsidi untuk mobil terbatas, hanya diberikan kepada 35 ribu unit mobil listrik.



Menperin mengatakan, subsidi tersebut diberikan kepada dua APM (agen pemegang merek) yang saat ini sudah memiliki TKDN (tingkat komponen dalam negeri) 40% seperti Wuling dan Hyundai.

"Mobil alokasinya 35 ribu sekian, itu yang TKDN di atas 40% hanya dua. Kita melihat satu lagi (produsen mobil) tapi sepertinya tidak bisa ngejar ke 40%, jadi hanya dua," ujar Memperin di GJAW 2023, Jumat (10/3/2023).

Agus mengatakan, saat ini skema pemberiannya tengah disusun oleh pemerintah. Kemungkinan berupa potongan harga langsung dari APM karena pemerintah akan memberikan uangnya langsung ke produsen.

Berbeda dengan subsidi yang diberikan pemerintah untuk pembelian motor listrik yang dikhususkan untuk para pelaku UMKM, subsidi mobil listrik bisa dinikmati semua kalangan.

"Kalau mobil terbuka, besaran masih dihitung, karena itu dengan skema yang berbeda. Jadi yang akan kita berikan ke produsen (subsidinya)," kata Memperin.

Menperin menjelaskan, kebijakan pemberian subsidi untuk kendaraan listrik diharapkan mampu mendorong terciptanya ekosistem kendaraan listrik. Tujuannya agar Indonesia bisa dilirik oleh investor menanamkan modalnya ke dalam negeri.

Menurutnya, beberapa negara di Asia Tenggara saat ini menjadi kompetitor Indonesia dalam membentuk ekosistem kendaraa listrik. Setiap negara punya caranya, dan Indonesia dengan mengambil kebijakan untuk pemberian subsidi terhadap kendaraan listrik.



"Kalau invetasi masuk nanti otomatis akan menciptakan lapangan kerja juga di dalam negeri," pungkas Menperin.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1031 seconds (0.1#10.140)