Cara Daftar Mudik Gratis Lewat Aplikasi Mitra Darat dan Persyaratan Bagi Calon Penumpang

Senin, 13 Maret 2023 - 11:31 WIB
loading...
Cara Daftar Mudik Gratis Lewat Aplikasi Mitra Darat dan Persyaratan Bagi Calon Penumpang
Program mudik gratis MitraDarat telah resmi dibuka oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Foto/Dok Antara
A A A
JAKARTA - Program mudik gratis MitraDarat telah resmi dibuka oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) . Program ini diperuntukkan bagi seluruh masyarakat Indonesia yang memenuhi syarat yang telah ditentukan.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pendaftaran mudik gratis tahun 2023 ini menggunakan aplikasi MitraDarat yang disediakan oleh Kementerian Perhubungan.

Menurut Kemenhub, aplikasi tersebut berfungsi untuk mempermudah proses pendaftaran mudik gratis bagi masyarakat. Adapun aplikasi MitraDarat melayani pendaftaran untuk moda bus dan kereta api.

Lantas, bagaimana cara daftar dan persyaratannya? Berikut ini penjelasannya, dihimpun SINDOnews dari laman resmi Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Senin (13/3/2023):

Cara Daftar Mudik Gratis 2023

Langkah pertama adalah mengudung (download) aplikasi MitraDarat di AppStore atau PlayStore, kemudian klik tombol ‘login’ dan masukan alamat e-mail atau akun Google Anda.

Kemudian, masukkan nomor yang terhubung ke WhatsApp yang aktif, tunggu hingga mendapatkan notifikasi kode one time password (OTP) dan masukkan jika diminta. Jika login berhasil, akan tampil pada dashboard aplikasi Mitra Darat.

Selanjutnya, cara pesan tiket mudik gratis MitraDarat 2023 yakni dengan mengklik ikon bertuliskan ‘Mudik Gratis’ lalu pilih tujuan mudik, pilih titik keberangkatan serta armada yang akan ditumpangi.

Setelah itu, isi identitas diri penumpang dengan lengkap, lalu klik ikon ‘Selesaikan Pesanan’. Untuk mendapatkan tiketnya, klik ikon ‘Mudik Gratis dan Klik ikon ‘Tiketku’.

Jika langkah-langkah tersebut telah diselesaikan, terakhir pilih tiket yang telah dipesan dan klik tombol ‘Lihat Kode QR’. Fungsi dari tampilan kode QR ini nantinya ditujukan kepada petugas yang ada di pos validasi untuk proses verifikasi tiket.


Syarat Pendaftaran Penumpang Mudik Gratis 2023

1. Calon penumpang diwajibkan memiliki dokumen kependudukan yang sah saat mendaftar, berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM) atau Kartu Keluarga (KK).
2. Calon penumpang hanya dapat memilih satu kota tujuan mudik.
3. Calon penumpang yang mengikuti program pulang pergi, maka pendaftaran arus balik dapat dilakukan bersamaan dengan pendaftaran arus mudik.
4. Calon penumpang hanya diberikan waktu tujuh hari setelah tanggal pendaftaran untuk melakukan registrasi atau validasi ulang di posko yang telah ditentukan.
5. Apabila melewati jumlah hari tersebut, calon penumpang akan dianggap hangus dan tidak bisa mendaftar ulang.
6. Jika peserta mudik-balik menggunakan sepeda motor, maka wajib membawa surat kelengkapan kendaraan dan diserahkan H-1 sebelum pemberangkatan.
7. Pada saat pemberangkatan calon penumpang harus dalam keadaan sehat jasmani dan rohani baik mudik maupun balik.
8. Calon penumpang wajib datang satu jam sebelum pemberangkatan dimulai.



Sebagai informasi, program mudik mitra gratis MitraDarat 2023 diperkirakan dibuka kembali oleh Kemenhub menjelang hari Lebaran 2023.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1014 seconds (0.1#10.140)