3 Kelebihan Gerbong KRL Bekas dari Jepang Dibandingkan Buatan PT INKA

Senin, 13 Maret 2023 - 16:55 WIB
loading...
3 Kelebihan Gerbong KRL Bekas dari Jepang Dibandingkan Buatan PT INKA
Pengadaan gerbong KRL bekas dari Jepang disebut memiliki sejumlah keunggulan dibanding membeli produk lokal. Foto/Ilustrasi/MPI/Faisal Rahman
A A A
JAKARTA - Sejumlah kelebihan dimiliki KRL bekas dari Jepang jika dibandingkan dengan buatan PT INKA. Salah satu kelebihan yang paling siginifakn adalah dari sisi harganya yang lebih kompetitif.

Sebelumnya, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) diketahui berencana mengimpor kereta rel listrik (KRL) bekas dari Jepang. Namun, rencana impor tersebut menjadi polemik dengan adanya perbedaan pandangan di antara kementerian terkait.



Terlepas dari pro dan kontra, gerbong KRL bekas dari Jepang memang memiliki sejumlah kelebihan. Berikut tiga kelebihan gerbong KRL bekas dari Jepang jika dibandingkan buatan PT INKA:

1. Harganya Lebih Murah
Perbandingan harga menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki gerbong KRL bekas asal Jepang. Pasalnya, perbedaan harga terbilang signifikan.

Pengamat transportasi publik dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno sebelumnya mengungkapkan bahwa perkiraan harga 1 trainset baru yang terdiri atas 10 atau 12 gerbong dapat mencapai Rp260 hingga Rp270 miliar.

Sementara, harga kereta bekas yang akan diimpor diperkirakan hanya Rp1 miliar per set. Artinya, untuk satu rangkaian penuh hanya membutuhkan biaya sekitar Rp10 hingga Rp12 miliar. Angka tersebut memang belum termasuk sejumlah biaya tambahan seperti untuk pergantian fasilitas dan sejenisnya. Namun, jelas ada perbedaan harga yang cukup besar.

2. Kedatangannya Lebih Cepat
Salah satu alasan yang mendorong PT KCI memilih melakukan impor gerbong KRL bekas dari Jepang adalah karena kebutuhan yang mendesak.

VP Public Relations PT KAI Joni Martinus menjelaskan bahwa ada kebutuhan mendasar untuk angkutan penumpang KRL. Hal ini terjadi karena KCI akan memensiunkan 10 rangkaian KRL pada 2023 dan 16 rangkaian KRL lain pada 2024.

KCI menegaskan bahwa bukannya perusahaan tidak mengutamakan produksi dalam negeri, namun langkah impor tersebut menjadi alternatif di tengah kebutuhan mendesak pengadaan guna mengantisipasi lonjakan penumpang KRL yang semakin tinggi.



3. Sudah Diketahui Kualitasnya
Kelebihan lain yang dimiliki kereta bekas asal Jepang adalah bahwa penggunaannya di Indonesia terbilang sudah cukup lama. Dengan demikian, kualitas dan seluk beluk dari gerbong bekas dari Jepang tersebut sudah dikenal serta diketahui dengan baik.

Sementara itu, untuk barang baru perlu waktu untuk membiasakan diri atau mengetahui karakteristiknya lebih dalam. Singkatnya, pengguna sudah tahu kelemahan dan keunggulan dari barang yang sudah biasa digunakan.

Demikian 3 kelebihan gerbong KRL bekas yang rencananya akan diimpor PT KCI untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1255 seconds (0.1#10.140)