SVB Kolaps Bikin Investor Cemas, Saham Perbankan Menyeret Wall Street Jatuh

Selasa, 14 Maret 2023 - 07:06 WIB
loading...
SVB Kolaps Bikin Investor Cemas, Saham Perbankan Menyeret Wall Street Jatuh
Wall Street berakhir jatuh terseret pelemahan saham perbankan pada perdagangan Senin (13/3/2023) waktu setempat, setelah investor khawatir tentang penularan dari keruntuhan Silicon Valley Bank (SVB). Foto/Dok
A A A
NEW YORK - Wall Street berakhir jatuh ke zona merah terseret pelemahan saham perbankan pada perdagangan Senin (13/3/2023) waktu setempat. Hal ini setelah investor khawatir tentang penularan dari keruntuhan Silicon Valley Bank (SVB) .



Namun komposit Nasdaq berakhir lebih tinggi karena beberapa sektor diuntungkan dari harapan Federal Reserve atau Bank Sentral Amerika Serikat dapat melonggarkan kenaikan suku bunga.

Mengutip Reuters, Dow Jones Industrial Average (.DJI) turun 90,5 poin atau 0,28% menjadi 31.819,14. Sedangkan indeks S&P 500 (.SPX) kehilangan 5,83 poin yang setara 0,15% ke level 3.855,76 dan Nasdaq Composite (.IXIC) bertambah 49,96 poin atau 0,45% menjadi 11.188,84.



Penutupan mendadak SVB Financial (SIVB.O) pada hari Jumat lalu, membuat investor khawatir tentang risiko bank lain dari kenaikan suku bunga Fed yang tajam selama setahun terakhir. Tetapi banyak yang berspekulasi bank sentral sekarang bisa menjadi kurang hawkish dan imbal hasil Treasury 2 tahun anjlok.

Regulator selama akhir pekan turun tangan untuk mengembalikan kepercayaan investor pada sistem perbankan, dengan mengatakan deposan SVB akan memiliki akses ke dana mereka pada hari Senin. Bagi sebagian investor, keputusan Fed minggu depan juga akan bergantung pada data inflasi yang akan dirilis minggu ini.

"Jika kita mendapatkan Indeks Harga Konsumen dan Indeks Harga Produsen yang sangat buruk, The Fed akan berada di posisi yang sulit atau posisi yang jauh lebih sulit bahkan di depan angka tersebut," kata Orion Advisor Solutions CIO Timothy Holland.

Data CPI akan dirilis pada hari Selasa dan PPI pada hari Rabu. Utilitas yang defensif (.SPLRCU) naik 1,54% sebagai salah satu yang berkinerja terbaik dari 11 sektor S&P utama, sementara kelompok sensitif suku bunga seperti real estat (.SPLRCR) dan teknologi (.SPLRCT) juga naik.

"Pasar sekarang mengharapkan bahwa Fed kemungkinan tidak menaikkan suku bunga bulan ini sehingga mereka dapat memasuki periode jeda," kata Peter Cardillo, kepala ekonom pasar di Spartan Capital Securities.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)