Mengenal Lebih Dekat Silicon Valley Bank, Spesialis Pendukung Para Startup

Senin, 13 Maret 2023 - 16:43 WIB
loading...
Mengenal Lebih Dekat Silicon Valley Bank, Spesialis Pendukung Para Startup
Silicon Valley Bank (SVB) yang dinyatakan bangkrut dan diambil alih oleh regulator pada akhir pekan kemarin, merupakan bank yang punya spesialisasi pembiayaan bagi perusahaan rintisan teknologi atau startup. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Silicon Valley Bank (SVB) yang dinyatakan bangkrut dan diambil alih oleh regulator Amerika Serikat (AS) pada akhir pekan kemarin, merupakan bank yang punya spesialisasi pembiayaan bagi perusahaan rintisan teknologi atau startup . Namanya mungkin tidak terlalu dikenal, namun SVB termasuk dalam 20 bank komersil teratas di AS.



Berdiri pada 1983, mereka menyediakan pembiayaan untuk hampir setengah dari perusahaan teknologi. Silicon Valley Bank didirikan oleh mantan manajer Bank of America, Bill Biggerstaff, Robert Medearis dan Roger Smith.

Diluncurkan pada 17 Oktober 1983, sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Silicon Valley Bancshares (sekarang SVB Financial Group) dengan 100 investor awal. Kantor pertamanya terletak di North First Street di San Jose.



Pada tahun 1986, SVB dan National InterCity Bancorp bergabung dan membuka kantor di Santa Clara. Mereka juga membuka kantor pertamanya di pantai timur pada tahun 1990, dekat Boston untuk melayani koridor teknologi Massachusetts Route 128.

Bank melakukan bisnis pinjaman real estat yang substansial pada tahun-tahun awalnya, menghasilkan 50% dari portofolionya di awal 1990-an. Kemerosotan di pasar real estat California mengakibatkan kerugian USD2,2 juta bagi bank pada tahun 1992, dan pada tahun 1995 persentase portofolio turun menjadi 10%.

Pada tahun 1993, John C. Dean diangkat sebagai CEO, dengan CEO pendiri Roger V. Smith menjadi Wakil Ketua. Bank kemudian menambahkan bisnis pinjaman kilang anggur pada tahun 1994.

Lalu memasuki tahun 2000, mereka mencari cara untuk melayani perusahaan rintisan di bidang teknologi, yang pada saat itu tidak memiliki akses ke pembiayaan utang dan layanan perbankan. Mereka terkenal karena kesediaannya untuk memberikan pinjaman kepada perusahaan startup yang belum menguntungkan.

Di antara sekitar 2.000 kliennya pada tahun 1995 merupakan inovator jaringan Cisco Systems dan Bay Networks. Ekspansi di AS terus dilakukan dengan membuka 15 kantor baru sejak 1996. Hingga kini, SVB tercatat mempunyai 29 kantor internasional yang tersebar di Amerika Serikat, India, Inggris, Israel, Kanada, Cina, Jerman, Hong Kong, Irlandia, Denmark, dan Swedia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1907 seconds (0.1#10.140)