Ekonomi Rusia Tetap Tangguh Dihantam Sanksi Barat, Tahun Ini Ujian Sebenarnya

Selasa, 14 Maret 2023 - 09:48 WIB
loading...
A A A
Salah satu alasan besar ketahanan Rusia yakni rekor pendapatan bahan bakar fosil sebesar USD325 miliar tahun lalu seiring terjadinya lonjakan harga. Kremlin sudah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk membuktikan ekonomi mereka mampu bertahan setelah menghadapi beberapa saksi karena mencaplok semenanjung Krimea Ukraina pada 2014.

Perusahaan mulai mencari suku cadang dan makanan di dalam negeri dan pemerintah membangun tumpukan besar uang tunai dari penjualan minyak dan gas alam. Namun sekitar setengah dari uang itu telah dibekukan, karena disimpan di luar negeri.

Langkah-langkah itu membantu menumpulkan prediksi keruntuhan 11% hingga 15% dalam output ekonomi. Ekonomi Rusia terbukti hanya menyusut 2,1% tahun lalu, kata badan statistik Rusia.

Sedangkan Dana Moneter Internasional atau IMF memperkirakan pertumbuhan ekonomi Rusia hanya 0,3% tahun ini - tidak bagus, tetapi hampir tidak membawa bencana.

Para ahli di Kyiv School of Economics mengatakan, ekonomi Rusia akan menghadapi "titik balik" tahun ini karena pendapatan minyak dan gas turun 50% dan surplus perdagangan anjlok menjadi USD80 miliar dari USD257 miliar tahun lalu.

Mereka mengatakan itu sudah terjadi: Pendapatan pajak minyak turun 48% pada Januari dari tahun sebelumnya, menurut Badan Energi Internasional.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1937 seconds (0.1#10.140)