Pos Indonesia Siap Distribusikan Logistik Pemilu 2024

Selasa, 14 Maret 2023 - 23:47 WIB
loading...
Pos Indonesia Siap Distribusikan Logistik Pemilu 2024
PT Pos Indonesia (Persero) kembali menjadi mitra Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam mendistribusikan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024.
A A A
JAKARTA - PT Pos Indonesia (Persero) kembali menjadi mitra Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam mendistribusikan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024. Untuk mewujudkan pemilu berjalan lancar dan tepat waktu, Pos Indonesia menyiapkan sejumlah strategi.

“Pos Indonesia punya pengalaman logistik pemilu sejak 2004, 2009, 2014, 2019, dan sekarang 2024. Dengan semua pengalaman tersebut kita akan improve terutama di teknologi,” kata Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Faizal R Djoemadi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (14/3/2023).

Pos Indonesia, kata Faizal, akan mengintegrasikan teknologi yang dimilikinya dengan Silog (Sistem Informasi Logistik), sehingga semua distribusi oleh Pos Indonesia dapat terpantau, ada tracing dan tracking. “Ada dashboard realtime yang kita siapkan sehingga terpantau tepat jumlah, tepat waktu. Termasuk saat mengembalikan dari TPS ke tempat penghitungan suara,” kata Faizal.

(Baca juga:Pos Indonesia Luncurkan Nomor Halo Pos Baru)

Tak hanya sistem yang mumpuni, Pos Indonesia juga diperkuat sumber daya yang tersebar hingga pelosok nusantara. Diketahui, Pos Indonesa memiliki 4.800 Kantorpos yang tersebar di kecamatan se-Indonesia, termasuk wilayah 3T (terpencil, tertinggal, terdepan).

Untuk armada, BUMN tertua di Indonesia ini punya 4.800 Kantorpos yang tersebar di seluruh kecamatan sehingga bisa sangat dekat dengan tempat pemungutan suara (TPS) hingga ke daerah 3T dengan segala tantangan dan keterbatasan. “Jangan bayangkan Indonesia seperti Jakarta atau Pulau Jawa, logistiknya harus diseberangkan lewat laut, sungai, hutan, perkebunan kelapa sawit. Ini menjadi tantangan tersendiri,” kata Faizal.

Pemilu 2024 yang telah ditetapkan pemerintah akan dijalankan secara serentak, juga menjangkau WNI yang berada di luar negeri. Soal ini, Pos Indonesia optimistis distribusi logistik pemilu akan berjalan lancar, mengingat Pos Indonesia memiliki kerja sama dengan pos di seluruh dunia, melalui Union Postale Universal (UPU).

“Kami bekerja sama dengan 192 Pos di seluruh dunia, 228 negara. Jadi hampir tidak ada WNI di luar negeri yang tidak bisa kita jangkau. Berdasarkan pengalaman, kami biasanya juga dilibatkan dalam pengiriman kotak suara melibatkan Kedutaan Besar, termasuk mengembalikan surat suara ke Indonesia,” tuturnya.

(Baca juga:Perluas Market Internasional, Pos Indonesia Luncurkan Pos Migran Indonesia)

Terkait peta jalur distribusi, Faizal mengatakan telah mengantongi data yang diperoleh pada pemilu sebelumnya. Hanya saja, tak dipungkiri terjadi pembaruan peta jalur distribusi yang mesti dikoordinasikan lebih lanjut dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD). “Kami akan sesuaikan dengan kapabilitas. Kami punya sistem List Cost Routine. Ada rute terpendek, teroptimal, dengan cost paling murah,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1750 seconds (0.1#10.140)