Upaya BUMN Menggerakkan Ekonomi Pedesaan

Rabu, 15 Maret 2023 - 13:27 WIB
loading...
Upaya BUMN Menggerakkan Ekonomi Pedesaan
Jasa Raharja sukses melaksanakan kegiatan Relawan Bakti BUMN di Wakatobi, Sulteng. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kementerian BUMN terus mendukung perusahaan pelat merah untuk melaksanakan kegiatan Relawan Bakti BUMN di sejumlah daerah. Kegiatan Relawan Bakti BUMN dilakukan sesuai arahan BUMN Erick Thohir yang menekankan BUMN tak hanya berperan sebagai penggerak perekonomian, melainkan juga dalam segi sosial.



Menurut Erick, program Relawan Bakti BUMN merupakan bentuk komitmen dalam memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat dan negara. "Para pegawai BUMN harus mampu meningkatkan jiwa kerelawanan dalam memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat dan negara," ujar Erick dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (15/3/2023).

Salah satu kegiatan Relawan Bakti BUMN telah sukses dilakukan oleh PT Jasa Raharja. Munadi Herlambang, Direktur Kelembagaan PT Jasa Raharja, mengatakan pihaknya telah sukses melaksanakan Relawan Bakti BUMN batch III tahun 2023 di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, yang digelar pada tanggal 7-10 Maret 2023.

"Kegiatan ini Relawan Bakti BUMN di Wakatobi dilaksanakan di Desa Kulati dengan goal menciptakan desa itu sebagai desa sustainability untuk penanganan issue mikroplastik dan pemberdayaan perempuan pesisir lewat program edukasi dan literasi pengolahan produk ikan dan pemasarannya," kata Munadi.

Munadi menambahkan, kegiatan ini melibatkan 15 orang relawan yang terpilih dari berbagai BUMN dengan program utama antara lain sosialisasi dan edukasi bahaya sampah plastik untuk ekosistem laut di SDN 01 Kulati dan Balai Desa Kulati yang diikuti eleman masyarakat. Lalu pemetaan 3 pantai, pembersihan pantai dari sampah plastic termasuk pengolahan sampah menjadi bahan bakar dan paving block, festival laying laying, dan pengolahan ikan simba bersama perempuan pesisir Desa Kulati

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi, Kementerian BUMN Tedi Bharata mengatakan, dalam hal pemilihan kegiatan di tiap wilayah, telah dilakukan social mapping & analysis atas isu-isu yang menjadi perhatian di masyarakat tersebut. Upaya ini sejalan dengan fokus prioritas program TJSL BUMN yang ditetapkan Menteri BUMN Erick Thohir, yaitu pendidikan, lingkungan dan pengembangan UMK.



"Program ini juga menjadi momentum yang tepat bagi para insan BUMN untuk bisa ikut andil dalam memberikan edukasi ke masyakarat luas terkait nilai dari program melalui media sosial yang dimililki para relawan," tandas Tedi.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1884 seconds (0.1#10.140)