Yuk, Optimalkan Hobi jadi Cuan Lewat Media Digital

Jum'at, 17 Maret 2023 - 21:02 WIB
loading...
Yuk, Optimalkan Hobi jadi Cuan Lewat Media Digital
Hobi bisa menjadi cuan dengan bantuan teknologi digital. Ilustrasi foto/pexels/liza summer
A A A
JAKARTA - Internet dan teknologi digital membuka pintu peluang bagi siapapun yang ingin mencari uang di dunia maya. Tak jarang, dari yang awalnya hobi bisa berkembang menjadi bisnis dan cuan dengan bantuan teknologi.

Namun, sebelum terjun, pahami dulu bahwa dalam ruang digital setiap pengguna berinteraksi, berkomunikasi dengan beragam perbedaan kultural. Interaksi antar budaya ini menciptakan standar baru dalam etika.

Dalam acara webinar literasi digital #makincakapdigital 2023, Kamis (16/3), CEO dan Guru di Global Influencer School, Dirgantara Wicaksono mengatakan, dengan media digital, warganet berpartisipasi dalam berbagai hubungan dengan banyak orang melintasi geografis dan budaya.

"Sebelum mengetahui hobi untuk mencari cuan kita harus memahami dulu apa itu etika karena kita memiliki perbedaan culture. Ada standar baru tentang etika apalagi berbicara tentang dunia sosial kita berpartisipasi dan berhubungan dengan banyak orang," ujarnya dalam webinar yang ditujukan untuk komunitas di Kalimantan, dikutip Jumat (17/3/2023).

Dia menerangkan, berbagai kompetensi digital mengenai etika digital antara lain bagaimana mengakses informasi sesuai etika berinternet, menyeleksi dan menganalisis informasi, serta bagaimana etika berinternet dapat membentengi dari tindakan negatif di platform digital.

Termasuk di dalamnya kompetensi dalam memproduksi dan mendistribusikan konten sesuai etika, berpartisipasi membangun relasi sosial dengan menerapkan etika dan berkolaborasi data dengan nyaman.

Terkait peluang bisnis, menurut Dirgantara, hobi bisa menjadi salah satu pilihan terbaik sumber penghasilan. Selain sebagai sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan, juga peluang jika dicoba.

Dia pun memberikan tips hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengenali hobi dan memilih hobi yang bisa menghasilkan sesuatu.

"Tentukan target pasar, rencanakan dengan detail, bangun branding produk dan memanfaatkan platform untuk mengembangkan bisnis dari hobi tersebut," saran pria yang juga YouTuber itu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1664 seconds (0.1#10.140)