Strategi Bank Lokal Masuki Bisnis Transaksi Internasional

Jum'at, 24 Maret 2023 - 22:23 WIB
loading...
Strategi Bank Lokal Masuki Bisnis Transaksi Internasional
Singapura menjadi salah satu negara favorit bagi warga Indonesia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Merujuk pada laporan yang dikeluarkan oleh Visa Global Travel Intentions, lima negara yang menjadi tujuan favorit masyarakat Indonesia sepanjang tahun 2022 adalah Singapura, Malaysia, Thailand, Jepang, dan Amerika Serikat. Selain untuk tujuan berlibur, banyak mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di luar negeri.



Berdasarkan data dari UNESCO, delapan negara tujuan favorit mahasiswa Indonesia tahun 2020 adalah Australia, Malaysia, Amerika Serikat, Mesir, Jepang, Inggris dan Irlandia Utara, Jerman, dan Turki. Data tersebut menunjukkan bahwa kebutuhan mata uang asing sangat tinggi bagi masyarakat Indonesia.

Memasuki tahun 2023, kondisi pascapandemi semakin berangsur membaik sehingga membuat border internasional telah dibuka normal. Situasi ini tentunya membawa angin segar bagi para pecinta traveling atau yang ingin meneruskan pendidikan di luar negeri.

Namun, untuk melakukan semua itu butuh persiapan yang matang, salah satunya menukar mata uang agar dapat digunakan di negara tujuan. Memahami kebutuhan yang tinggi akan mata uang asing, Jenius sebagai solusi life finance menghadirkan fitur Mata Uang Asing untuk memudahkan masyarakat digital savvy melakukan berbagai transaksi internasional dengan lebih simpel, cerdas, dan aman.

Melalui proses digitalisasi, Jenius dari BTPN menghadirkan fitur yang lengkap dan relevan dengan kebutuhan masyarakat digital savvy termasuk dalam melakukan transaksi internasional. Hadirnya fitur Mata Uang Asing memudahkan nasabah untuk dapat membeli, menjual, mengirim, dan menerima mata uang asing langsung dari aplikasi Jenius.

"Saat ini, di Jenius tersedia tujuh Mata Uang Asing, yaitu dolar Amerika Serikat (USD), dolar Singapura (SGD), yen Jepang (JPY), poundsterling Inggris (GBP), dolar Australia (AUD), Euro (EUR), dan dolar Hong Kong (HKD) yang dapat dihubungkan dengan Kartu Debit Utama Jenius (m-Card),” jelas Wakil Direktur Utama Bank BTPN Darmadi Sutanto, dalam keterangannya, Jumat (25/3/2023).

Jenius juga mencatat bahwa Kartu Debit dan Kartu Kredit Jenius Visa telah digunakan dalam 188 mata uang asing di seluruh dunia dengan volume pertumbuhan tahunan untuk transaksi internasional meningkat tiga kali lipat sepanjang tahun 2022 lalu. Penggunaan Kartu Debit Jenius Visa terbanyak adalah di negara Singapura, Inggris, Australia, Amerika Serikat, dan Jepang. Teman Jenius dapat menghubungkan fitur Mata Uang Asing dengan m-Card untuk memudahkan berbagai transaksi internasional baik secara offline atau online.

“Berdasarkan data internal Jenius, sepanjang 2022 transaksi offline di luar negeri yang paling banyak dilakukan oleh teman Jenius dengan menggunakan Kartu Debit Jenius Visa adalah untuk pembelanjaan makanan dan minuman, kebutuhan pokok dan bensin, retail and department store, transportasi, kecantikan dan fesyen,” tambah Darmadi.

Pada kesempatan yang sama, Digital Banking Acquisition, Service & Marketing Head Bank BTPN, Anita Ekasari C. juga menjelaskan banyak kemudahan lainnya yang dihadirkan Jenius untuk membantu masyarakat digital savvy bertransaksi internasional. Pertama adalah Kartu Debit Utama Jenius Visa (m-Card) yang dilengkapi dengan teknologi contactless sehingga dapat digunakan dengan sekali tap ke berbagai merchant dan transportasi di negara tujuan.



"Selain itu dengan menghubungkan fitur Mata Uang Asing dengan m-Card, seluruh transaksi dengan menggunakan m-Card akan langsung memotong saldo akun mata uang asing tersebut, sehingga nasabah terhindar dari naik turunnya konversi nilai kurs. Jenius juga menyediakan simulasi nilai tukar yang dapat dimanfaatkan sebelum melakukan pembelian dan penjualan mata uang asing melalui menu Jenius Help di aplikasi Jenius," kata Anita.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2349 seconds (0.1#10.140)